Bupati Belitung Ziarah ke Makam Pendiri Kota Tanjungpandan

  • Whatsapp
Bupati Belitung, H. Sahani Saleh menabur bunga ke makam K.A Rahad di Desa Kemiri, Kecamatan Membalong, Kamis (25/6/2020). (foto: Bastiar Riyanto)

RAKYATPOS.COM, TANJUNGPANDAN– Bupati Belitung, H. Sahani Saleh melakukan ziarah ke makam K.A Rahad di Desa Kemiri, Kecamatan Membalong, Kamis (25/6/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa K.A Rahad sebagai pendiri Kota Tanjungpandan sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-182.

Perwakilan keluarga KA Rahad, Nurman Sunata dalam sambutannya menjelaskan sejarah singkat riwayat kehidupan KA. Rahad, termasuk perjuangan KA Rahad dalam mempertahankan Pulau Belitung dari para penjajah.

“Untuk mempertahankan marwah jasa dan perjuangan KA. Rahad, sikap kompak akan terus dipertahankan pihak keluarga dan keturunannya untuk menjaga amanah yang dititipkan, salah satunya agar keluarga besar bisa berdiri sendiri dan bisa berperan dalam membangun Belitung,” tuturnya.

Baca Lainnya

Nurman Sunata menambahkan, satu kalimat motivasi untuk keluarga besar KA. Rahad, ketika kita masih diberikan kesempatan hidup didunia ini, mari terus bina rasa kekompakan untuk menghormati para pendahulu kita. Berbuatlah sesuatu yang bisa memberikan kemajuan daerah Belitung ke depan.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan setiap tahun pemerintah daerah rutin melaksanakan kegiatan ziarah ini untuk mengenang jasa KA. Rahad.

“Kita harus tahu isi luar dalam tentang Belitung untuk membangun Belitung ke depan. Kita juga harus tahu tentang Belitung sebagai cerminan untuk menata kemajuan Belitung, baik itu tentang sejarah Pulau Belitung, adat istiadat, termasuk seni dan budaya daerah,” katanya.

Memaknai nilai perjuangan KA. Rahad, dia mengaku termotivasi untuk terus membangun Belitung. Apalagi sejarah perjuangan dalam upaya membangun Belitung cukup panjang dan berliku.

“Saat ini, salah satu persoalan yang sedang kita hadapi terkait Covid-19. Hal ini menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dampak pada pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan yang sebagian tidak bisa terlaksana, seperti kegiatan Expo Belitung dan kegiatan pentas seni budaya,” tambahnya.

Dia mengajak untuk memaknai ziarah ini untuk menggali nilai-nilai kemajuan Belitung ke depan.

“Mari kita maknai peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan ini sebagai suatu moment untuk melakukan evaluasi apa yang telah kita perbuat selama ini, agar kita semua bukan hanya menjadi penonton, namun turut berbuat untuk kemajuan daerah ” pungkasnya.

Acara ditutup dengan kegiatan tabur bunga di makam KA. Rahad oleh Bupati Belitung diikuti oleh keluarga besar KA. Rahad dan segenap pimpinan dilingkungan Pemkab Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Belitung, Hendra Caya, perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Belitung dan sejumlah kepala OPD. (yan)

Related posts