Bupati Bateng Serahkan Bantuan 4 Kapal Motor KKP

 

Bupati Ibnu Saleh melakukan ujicoba kapal motor bantuan KKP RI tahun 2017. Kapal berkapasitas 22 penumpang dan 84 PK itu diserahkan kepada empat desa yakni Desa Kurau Barat, Batu Belubang, Tanjung Pura dan Batu Beriga, Kamis (07/12/2017).(foto: M.Tamimi)

KOBA – Bantuan empat kapal motor dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI tahun 2017 resmi diserahkan. Kamis siang (7/12/2017), Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh secara resmi menyerahkan kapal motor tersebut kepada nelayan yang tersebar di empat desa se- Bateng.

Empat desa tersebut yakni Desa Kurau Barat Kecamatan Koba, Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru, Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungaiselan dan Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar.

“Bantuan kapal motor itu silakan dimanfaatkan oleh para nelayan untuk kegiatan angkutan penumpang yang ingin menyewa kapal motor itu,” ujar Ibnu Saleh usai penyerahan empat kapal motor itu di Desa Kurau Barat, Kamis (07/12/2017).

Menurut dia, kapal motor di Desa Batu Belubang dapat dimanfaatkan untuk rute Pulau Semujur dan Pulau Panjang. Selain itu, untuk Desa Tanjung Pura dapat digunakan rute Pulau Nangka dan Tanjung Tedung. Kemudian Batu Beriga, jalurnya agak sepi rutenya Pulau Kelasa dan Batu Beriga. Sedangkan Kurau Barat, untuk rute Pulau Ketawai dan Pulau Gusung Asam.

“Kapal motor berkapasitas 80 PK itu artinya lajunya sangat cepat. Teknisnya, sesama bus air jangan saling mendahului. Alat yang ada ini harus dirawat, dan dijaga. Untuk sementara ini, tarif penumpang harus berlakukan secara terjangkau saja. Nanti dirembuk oleh BUMDes masing-masing desa sebagai pengelola dengan besar tarif yang sesuai,” terangnya. (ran)

No Response

Leave a reply "Bupati Bateng Serahkan Bantuan 4 Kapal Motor KKP"