Bupati Bangka Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

  • Whatsapp

Ransel Si Dora Pemacu OPD Agar Lebih Inovatif

JAKARTA – Setelah menyisihkan ribuan proposal yang masuk ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia, aplikasi Ketersediaan Darah atau disingkat dengan ‘Ransel Si Dora’ yang dikreasikan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka berhasil masuk ke dalam deretan Top Inovasi 99 pelayanan publik seluruh Indonesia.

Penghargaan pun sudah diserahkan di Kementerian beberapa bulan lalu dan kemudian, Ransel Si Dora kembali masuk dalam jajaran 45 inovasi terbaik pelayanan publik seluruh Indonesia yang kemudian penghargaannya langsung diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Ransel Si Dora berhasil setara dengan 44 daerah dan kementerian di seluruh Indonesia ini merupakan aplikasi yang bisa diakses masyarakat Kabupaten Bangka bahkan Indonesia untuk mendapatkan donor darah dan ketersediaan Bank darah yang ada di Kabupaten Bangka. Akses bank darah ini cukup simpel. Cukup masuk ke dalam alamat website bangka.go.id yang terkoneksi ke aplikasi ketersediaan darah di Kabupaten Bangka.

“Di dalam aplikasi tersebut terdapat data pendonor yang sudah bisa mendonorkan darah,stok darah yang tersedia secara cepat, kunjungi saja web: http//sidora.bangka.go.id,” demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti beberapa waktu lalu.

Bupati Bangka, Mulkan ditemui usai pemberian penghargaan menguraikan jika penghargaan Top Inovasi 45 pelayanan publik se-Indonesia ini merupakan suatu prestasi yang cukup membanggakan dan hendaknya menjadi pemacu bagi OPD lain untuk berinovasi.

“Kami selaku kepala daerah sangat berbangga sekali dan mengucapkan berterimakasih kepada leading sektor yang telah meningkatkan inovasi. Inovasi ini merupakan suatu motivasi kepada Pemkab Bangka agar terus meningkatkan inovasi pelayanan publik,” kata Mulkan.

Dengan inovasi ini diharapkan menjadi suatu pemacu dan rangsangan bagi OPD lain untuk melakukan inovasi agar ada aplikasi dan gerakan inovasi yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan mudah, cepat dan canggih berbasiskan teknologi informasi. “Kedepan, kepada seluruh OPD di Pemkab Bangka saya berharap ada aplikasi lain untuk pelayanan publik, seperti dari Dinas Pangan, Dinas Pertanian, RSUD dan OPD lain,” tuturnya.

Dia pun berharap agar masyarakat Kabupaten Bangka dapat terbantu dengan adanya aplikasi Ransel Si Dora untuk mendapatkan bantuan ketersediaan darah di Kabupaten Bangka. Di kemudian hari pendonor aktif akan diberikan semacam reward setiap tahunnya.

“Saya berharap dengan adanya aplikasi ini tidak adalagi ke khawatarin akan stok darah di Kabupaten Bangka, dan kepada seluruh masyarakat akan kita berikan apresiasi. Silahkan klik saja di bangka.go.id, langsung disitu ada, ”tutupnya. (adv)

Related posts