by

BUMD Jangan Jadi Beban Daerah

-Berita Kota-298 views

Didit: Harusnya Bantu Tingkatkan PAD

PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya menegaskan keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT B3S (Bumi Bangka Belitung Sejahtera) menjadi beban bagi daerah. Keberadaan BUMD sejatinya membantu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Hal itu disampaikan Didit kepada wartawan, Rabu (11/7/2018).

“DPRD mungkin akan mengkaji biaya operasional ketika adanya biaya yang diusulkan oleh BUMD. Kalau kami ingin melihat kinerjanya dulu. Kalau biaya operasional namun tidak menyumbang PAD, saya tidak setuju karena keuangan kita defisit. Kita beri kesempatan kepada mereka yang telah dilantik, untuk membuktikan kinerja mereka dengan catatan untuk membantu peningkatan PAD. Kalau diisi mohon maaf hanya untuk menampung, DPRD tidak mau,” kata Didit.

Menurut dia, BUMD hendaknya tidak berharap agar biaya operasional bergantung kepada dana APBD. “Karena bayak kepentingan lainnya yang harus kita akomodir. Yang harus dilakukan, kita banyak potensi-potensi yang belum dimaksimalkan untuk peningkatkan PAD. Tujuan BUMD kan untuk membantu PAD, bukan menjadi beban daerah. Kalau menjadi beban daerah, untuk apa ada BUMD? Kita tunggu kinerjanya,” ujarnya.

Dalam waktu dekat kata politikus PDIP ini, BUMD diharapkan dapat melakukan paparan berupa rencana program untuk membantu daerah dengan tujuan meningkatkan PAD. “Kita minta BUMD siapkan langkah-langkah preventif dan peluang-peluang apa untuk membantu keuangan daerah,” terangnya. (ron)

Comment

BERITA TERBARU