Bulan Puasa Mengajarkan Memperkuat Mental & Spiritual

  • Whatsapp
Ana-anak Yatim foto bersama usai menerima Santunan dari Pemkab Bangka Selatan.(foto: dedy).

Kejari Buka Besama Pokja Jurnalis

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan Safari Ramadhan 1440 H di Rumah Dinas Bupati Basel, Jl. A. Yani Toboali, Rabu (22/05/2019). Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ustadzah Rosila yang menjadi juara ke 3 STQH ke 7 tingkat Basel ini, dilanjutkan dengan pemberian santunan, bantuan dan hibah bidang keagamaan oleh Pemkab Basel.

Bantuan hibah bidang keagamaan yakni dari Majelis Ulama Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, Yayasan Uswatun Hasanah, Yayasan Masjid Al Istiqomah, Yayasan Muslim Toboali, Yayasan Al Hidayah Gadung, Lembaga Musholah Nurul Falah, Lembaga Masjid Al Musyawaroh.

Selain itu, ada juga bantuan jam digital masjid yang diterima oleh Masjid Agung Parit 3 (Nazarudin, S.IP) dan masjid Al Muktamar (Handri), serta bantuan dari instansi lain diantaranya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan dan Baznas Basel. Acara dilanjutkan dengan kultum dan pembacaan doa oleh Ustad Khairul Faizin.

Bupati Basel Justiar Noer dalam sambutannya mengatakan, bulan puasa ini mengajarkan semua untuk memperkuat mental dan spiritual, dimana dikatakan dia, hal tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca dan mendalami Al Quran.

“Hal ini dapat dilihat pada masyarakat kita dimana pada pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan hadits ke VIII (delapan) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Alhamdulilah terdapat Qoriah terbaik kita dari Basel atas nama Mubbatul Ilmiah pada cabang tilawah Al Quran golongan dewasa yang sekarang ini lagi melaksanakan training center di Jakarta dan akan berpartisipasi pada STQH tingkat nasional di Pontianak, Kalimantan Barat pada bulan Juni yang akan datang. Kita harapkan kafillah dari Kabupaten Basel tersebut mampu berprestasi lebih baik lagi,” ungkap dia.

Menurutnya, bulan suci ramadhan selalu menghadirkan keistimewaan dan keindahan. Salah satunya adalah semangat untuk mempererat tali persaudaraan dengan keluarga, kerabat dan juga semua masyarakat, sehingga mampu menjaga silahturahmi.

Terpisah, jajaran Kejaksaan Negeri Bangka Selatan menggelar berbuka bersama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Basel dan sejumlah awak media yang bertugas di wilayah Bangka Selatan, Kamis (23/5/2019). Selain bersama media, Kejari Basel juga mengundang anak yatim piatu dari Desa Bikang serta Ustad Adi Abdullah.

Momentum buka puasa bersama awak media, bersamaan dengan pemberian santunan bagi anak yatim piatu yang berlangsung di pelataran rumah dinas Kejari Basel dibilangan jalan Puput Toboali, Kamis (23/5/2019) malam.

Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra mengatakan, momentum buka bersama awak media ini sebagai ajang mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan ukhuwah islamiyah di bulan suci Ramadhan.

Menurutnya, insan Pers merupakan mitra kerja kejaksaan dalam melaksanakan tugas mencapai visi misi pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan, pembinaan, dan penegakan hukum secara profesional dan objektif.

“Pertama momentum ini untuk sebagai wadah mempersilahtutahmi antara keluarga besar Kejari, dengan rekan rekan media, semoga kedepan sinergitas ini terus terjaga untuk kemajuan daerah,” tutupnya. (raw/3)

Related posts