Bukit Intan Kecamatan Digital Dilaunching

  • Whatsapp
Soft launching Bukit Intan Digital yang dihadiri langsung Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama Wakilnya Muhammad Sopian, serta Sekretaris Daerah Radmida Dawam dan Camat Bukit Intan, Efran. (foto: Budi Muridan)

Total Ada 27 Inovasi
Wali Kota Beri Apresiasi Camat

PANGKALPINANG – Kecamatan Bukit Intan mendeklarasikan diri sebagai Kecamatan Digital pertama di Kota Pangkalpinang, Senin (16/9/2019). Soft launching Bukit Intan Digital digelar di Kantor Camat Bukit Intan Pangkalpinang dihadiri langsung Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama Wakilnya Muhammad Sopian, serta Sekretaris Daerah Radmida Dawam.

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) ini nantinya diarahkan berbasis teknologi informasi. Mulai dari berbasis internet hingga jaringan untuk kebutuhan primer atau sekunder publik.

Camat Bukit Intan, Efran mengatakan pihaknya mendeklarasikan diri sebagai kecamatan digital pertama di Pangkalpinang dengan 27 inovasi. Semua inovasi itu adalah kerja keras pihak kecamatan ang didukung penuh seluruh kelurahan.

Katanya, semua program dengan didasarkan aplikasi ini hadir sebagai hadiah Hari Jadi ke- 262 Pangkalpinang. “Ini merupakan hadiah untuk Pangkalpinang, kami menghadirkan ini sebagai bentuk kemudahan pelayanan masyarakat hanya dengan digital,” terangnya.

Dia mencontohkan beberapa inovasi di kecamatan diantaranya Si Pelanduk, Si Manda, Sri Puan, Si Rusip dan semuanya berbasis aplikasi online. Sedangkan untuk kelurahan ada inovasi Sip Sam Lang, Sukat dan Apem Manis di Kelurahan Bacang.

Sedangkan di Kelurahan Semabung Lama ada inovasi Pekasem, Lakso dan Pakis. Di Kelurahan Temberan ada Anjali, Akar Bambu dan Salak Manis. Untuk Kelurahan Pasir Putih terdapat inovasi Cabik, Si Andal dan Keranas.

Adapun inovasi di Kelurahan Sinar Bulan yakni Lembah Kelik, Kelipan dan Sopan Men. Di Kelurahan Air Mawar ada inovasi Keretek, Kelatu dan Ikan Pindang. Sedangkan di Kelurahan Air Itam ada Jumat Bekais dan Karlina Manja dan Si Pasta Manis, Pelawan Merah dan Berkah untuk PKK kecamatan.

Efran juga menyebutkan saat ini empat aplikasi kecamatan yakni Si Pelanduk,Si Manda, Sri Puan dan Si Rusip prosesnya hampir rampung tinggal proses assessment, finalisasi dan penyelesaian kontrak Google Play Store dan APP store dan sudah berkerjasama dengan Telkomsel melalui MoU dalam pemanfaatan LBA.

“Kecamatan Bukit Intan menjadi institusi pemerintah pertama di indonesia yang mengunakan produk LBA dalam pelayanan publik,”ujarnya.

Tidak hanya itu saja, dia juga menjelaskan pihaknya telah berkerjasama dengan PT Dutra Putra Lexindo produsen air minum Bolesa dan telah membuat kesempatan untuk mengembangkan aplikasi Tuan Paduka (Bantuan Peduli Duka Warga).

“Kami juga sudah menyiapkan khusus bidang sosial masyarakat, jadi kedepan setiap warga yang berduka akan mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengaku bangga terhadap Camat Bukit Intan yang telah mencanangkan Bukit Intan sebagai Kecamatan Digital. “Saya sangat bangga kepada Pak Camat Bukit Intan dan seluruh stafnya yang telah bekerja dengan semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal ini,”ujarnya.

Pria yang biasa disapa Molen ini mengatakan untuk mewujudkan hal ini tidaklah mudah. Sehingga memerlukan suatu sinergi bersama yang kuat.

“Contoh saja, beberapa waktu lalu saya ke Malang dan mempelajari jaringan PDAM. Dan butuh 13 tahun untuk mereka mewujudkan jaringan yang hebat seperti ini. Untuk itu, tidaklah mudah, perlu sinergi yang kuat dari kita semua. Ini sangat berat. Pak Camat selesaikan program yang telah bapak buat ini hingga selesai, buktikan kepada masyarakat bahwa program ini memang bermanfaat bagi masyarakat Kota Pangkalpinang,”tegasnya.

Pemerintah Kota Pangkalpinang, kata Molen akan terus mendukung program ini seperti ini. Kedepana Pemkot akan memberikan penghargaan, sebagai prestasi jika ini berjalan dan berhasil.

“Mari kita bantu, karena ini sangat bagus sekali, karena pekerjaan ini bukan demi kepentingan pribadi siapapun, namun untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (bum/10)

Related posts