by

Bujoi, Orang yang Selalu Hormat Pada OrangTuanya

-Bangka-73 views


MENDOBARAT- Dalam buku yang diluncurkan tepat pada hari kelahirannya yang ke-52 tahun, sosok Tarmizi Saat merupakan seorang yang sangat dekat dengan kedua orangtuanya. Di buku tersebut diketahui sifat Tarmizi yang selalu berjuang dan tidak pernah mengeluh.

‘Mandiri dan selalu berjuang untuk sukses merupakan salah satu sifat bapak,”ungkap Memet, salah satu kawan Tarmizi Saat di Kampung Kemuja Mendobarat, Kamis (11/1/2018).

Dalam bukunya juga, teman-teman Tarmizi selalu mengungkapkan sosok Tarmizi sebagai sosok yang taat dan patuh kepada orangtua dan agamanya dan selalu menangis jika ada hal apa yang berhubungan dengan kedua orangtuanya.

“Beliau itu kalau apa-apa selalu ngomong sama ibu dan bapaknya, selalu mengaji dan azan juga, sangat dekat dengan orang tuanya, kalau masih kuliah, beliau itu mandiri sekali, dan rajin sekali” ungkap Di, Staf Pribadi Tarmizi.

Dalam bukunya, Tarmizi Saat dan Semangat Berperadaban, pendapat Prof Dr. Bustami Rahman tentang sosok Tarmizi mengungkapkan Tarmizi merupakan seorang yang tangguh, rajin, dan pekerja keras. Ia bekerja dengan detail, karena sejak awal ia sudah menjadi pegawai atau birokrat di pemerintahan sampai kedudukan struktural tertinggi di Kabupaten Bangka.

“Tarmizi, akan tetap seperti Bujoi, budak kampung Kemuje yang kita kenal kesehariannya, bisa pidato dengan mengutip ayat Al quran, berbahasa indonesia sebentar, lalu diselingi dengan bahasa Bangka,” ungkap Bustami.

Sementara Prof Dr. Djamaludin Ancok, Ph.D dalam sinopsis buku biografi Tarmizi Saat mengungkapkan, sosok Tarmizi Saat termasuk dalam kategori bupati yang merakyat dan selalu menyempatkan waktu untuk blusukan untuk mengetahui persoalan yang dihadapi masyarakat secara langsung.

“Ia bisa memberikan solusi atas permasalahan secara cepat, tepat dan efisien. Selain itu juga, Tarmizi itu adalah seorang pemimpin yang memiliki relasi luas di segala bidang,” ungkap Djamaludin.

Tarmizi merupakan salah satu pelayan masyarakat, yang sangat sadar akan dirinya berasal.
“Beliau itu sangat mencintai keluarga, dan menghormati kedua orang tuanya, semoga beliau selalu diridhoi Allah SWT,” ungkap Di. (rls/10)

Comment

BERITA TERBARU