Buaya Ganas Kayu Besi Ditangkap

  • Whatsapp
EVAKUASI BUAYA – Pawang dibantu masyarakat tampak sedikit kesulitan mengevakuasi buaya besar yang sudah dalam kondisi mati meniti batang kayu untuk melintasi aliran sungai kecil dalam perkebunan sawit. (foto: Zuesty)

Ditemukan dalam Kondisi Mati
Sempat Terkam Warga

PUDING BESAR – Buaya besar sungai desa Kayu Besi Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka, yang diduga sebelumnya sempat menerkam warga setempat berhasil ditangkap pada Kamis (19/7/2018) siang sekitar pukul 12.00 WIB.
Predator berukuran lebih dari 4 meter dengan bobot hampir setengah ton ini, ditangkap lewat proses pemancingan yang dilakukan oleh pawang buaya Syarif bersama dua orang rekannya Dali dan Tarif serta tokoh adat setempat, Ademi.
Ketua BPD Desa Kayu Besi, Kecamatan Puding Besar, Hermin saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan buaya tersebut.
Dikatakannya, penangkapan buaya ini dilakukan setelah sebelumnya salah satu warga desa setempat, Mas’ud menjadi korban terkaman buaya ganas di Sungai Kayu Besi.
Setelah itu, pada tanggal 2 Juli kemarin, warga setempat mendatangkan pawang buaya dari desa Bukit Layang.
Pada tanggal yang sama, pawang buaya Syarif bersama dua orang rekannya langsung melakukan ritual pemancingan di dua lokasi, yakni di Sungai Angkop Desa Sempan sampai Sungai Kayu Besi yang berjarak 1 KM dari jembatan arah selatan desa setempat.
“Dari dua lokasi aliran sungai tersebut menjadi lokasi pemancingan buaya yang sudah menyerang korban dan pemancingan bersifat moving area (berpindah tempat ),” terang Hermin.
Dengan menggunakan umpan 8 ekor tupai jenis kelabang dan alat tangkap pancing serta rotan sebagai joran pancing, pawang buaya yang didatangkan melakukan pemasangan pancing disejumlah titik aliran sungai yang dimaksud.
Kendati harus menunggu dalam waktu yang lama, buaya tersebut berhasil dipancing dan ditemukan dalam kondisi mati.
Setelah itu kata dia, buaya tersebut dibawa warga setempat ke lapangan bola desa Kayu Besi dan menjadi tontonan warga.
“Rencananya buaya ini akan dikuburkan,” katanya.
Ditambahkan dia, saat evakuasi buaya pihak Polsek Puding Besar yang dipimpin Kapolsek Puding Besar AKP Fahrudin langsung melakukan pengamanan TKP. (2nd/6)

Related posts