Buaya 4 Meter Muncul di Laut Nek Aji

  • Whatsapp

TOBOALI – Buaya muara muncul di Pantai Laut Nek Aji Toboali Selasa (28/2/2017). Kemunculan buaya ini membuat heboh sejumlah warga setempat. Adi Abing, Ketua Karang Taruna Bangka Selatan yang juga menyaksikan langsung buaya tersebut, mengatakan munculnya buaya muara sekitar pukul 07.00 Wib. Ia memperkirakan panjanganya mencapai 4 meter. Saat itu buaya sedang berenak dengan jaraknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. “Waktu itu saya mengantar anak sekolah, dikasih tahu, ada buaya di Laut Nek Aji, ada sekitar orang 10 yang melihat dari batu Pantai Nek Aji, buaya berenang di permukaan ke arah laut Tanjung Ketapang,” kata Abing.
Ia berharap Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan segera mengambil langkah sehingga tidak ada korban berikutnya. Terpisah, Plh Kapolsek Toboali Iptu Suyanto usai menerima laporan munculnya buaya di Pantai Nek Aji langsung turun memantau lokasi. Ia menghimbau kepada warga agar tidak mandi di pinggir pantai. Begitu juga dengan nelayan sungkur agar hati-hati dan waspada jika sedang mencari udang sungkur. Suyanto mengatakan pihaknya segera melapor ke Kapolres Basel AKBP Satria Rizkiano dan Pemkab Basel agar ada tindaklanjut dari munculnya buaya ini.
“Akan kita laporkan ke Kapolres Basel, begitu juga dengan Pemkab Basel, kita koordinasikan dengan agar ada langkah-langkah tindaklanjutnya, karena sebelumnya sudah dua korban, pertama di Laut Kampung Padang dan kedua di Laut Mempunai dan korbanya sampah meninggal dunia, kita harapkan warga tidak mandi di pinggir, dan nelayan sungkur pun harus hati-hati” pungkas Suyanto. Sekda Basel, Suwandi yang sebelumnya menjadi ketua tim pemburuan buaya dikonfirmasi via ponselnya tidak memberikan jawaban.
Sebelumnya, Seekor buaya muara Selasa (17/1/2017) malam berhasil ditangkap sekitar pukul 21.00 Wib di muara Sungai Gusung. Predator sepanjang 3,5 meter ini memakan pancing yang diberi umpan ayam dan lutung. Dua Pawang buaya telah melepaskan pancing di sejumlah titik mulai dari perairan Gusung hingga Paya Ubi. Setiap hari, pawang buaya melihat pancing yang dipasang pelampung besar ini. “Nah, kemarin ada 5 pancing yang hilang umpannya dimakan buaya, pawang ini terus mencari pelampungnya dan akhirnya menemukan, buaya ini digiring terus ke muara sungai Gusung, dan berhasil ditangkap, saat ini, buaya diamankan di rumah keluarga pawang di Dusun Gusung” jelas Jusvinar Rabu (18/1/2017). (raw/6)

Related posts