Buat AK-1 Kini di Dinas Penanaman Modal PTSP Naker

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Seiring dengan diberlakukannya Perda Kota Pangkalpinang Nomor 18 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Pangkalpinang, ada beberapa penyesuaian nomenklatur dan penggabungan urusan Pemerintah, salah satunya Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang.

Dengan nomenklatur baru, dinas ini mendapatkan tugas baru, diantaranya, untuk para pencari kerja yang ingin membuat AK-1 juga pelayanan Penerbitan Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker, Abdul Ghoni mengatakan sebelum diberlakukannya SOTK baru, SKPD yang melakukan masalah perizinan adalah KPPT tapi dengan diberlakukannya SOTK baru, KPPT kini digabungkan kedalam bagian Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker.

“Artinya selain melayani penerbitan AK 1, kami juga membuka pelayanan Penerbitan Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA), pelayanan pemberian rekomendasi operasional bursa kerja khusus yang diselenggarakan oleh sekolah dan perguruan tinggi, tapi untuk sekarang kalau mau melakukan perizinan masih tetap di kantor yang lama disebelah kantor DPPKAD,” ujar Ghoni, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, pihaknya juga memberikan pelayanan pemberian izin lembaga pelatihan kerja yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta, memberikan rekomendasi pameran bursa kerja (Job Fair) dan juga mengeluarkan surat izin pengerahan yang diajukan oleh perusahaan pengerahan Tenaga Kerja Indonesia swasta.

“Jadi pokok-pokok tugas Naker yang selama ini bergabung di Dinas Sosial sekarang ada di sini, jadi kalau masyarakat mau mengurus pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan bisa mengurus surat rekomendasinya disini,”jelasnya.

Masih katanya, pihaknya juga melayani pengaduan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial, pengesahan peraturan perusahaan, pencatatan perjanjian kerja antara pengusaha dengan pekerja dan yang terakhir pencatatan Perjanjian Kerja Bersama antara Serikat Pekerja Perusahaan dengan Perusahaan.

“Semua urusan tersebut sudah berpindah disini yang kemarinnya berada di Dinsosnaker sekarang ada di kami. Dan adapun pelayanan ini dapat masyarakat dapatkan di Jalan Rasakunda atau Eks kantor Dinas Kelautan Perikanan didepan kantor Pekerjaan Umum,” ucapnya.

“Jadi masyarakat yang ingin mengurus semua pelayanan tersebut dapat segera ke kantor kami, insyaallah kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Itu memang program utama kami meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Pangkalpinang,” imbuhnya. (bum/10)

Related posts