Briket Tempurung Potensi Energi Baru

No comment 447 views

Para mahasiswa KKN Tematik UBB usai sosialisasi energi briket tempurung kelapa di kantor Desa Zed. (Foto: Ist)

Hasil KKN Tematik UBB di Desa Zed

Mendo Barat – Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik Universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Zed, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka berhasil membuka wawasan masyarakat untuk tidak tergantung pada bahan bakar minyak serta gas dalam kehidupan sehari-sehari.

Para mahasiswa KKN mengedukasi warga untuk memanfaatkan tempurung kelapa yang kerap terbuang percuma agar dapat dibuat menjadi briket arang sebagai potensi energi baru terbarukan. Dan program utama KKN itu disosialisasikan di Balai Kantor Desa Zed, Jumat 4 Agustus 2017.

Turut hadir dalam program sosialisasi ini yakni aparat Pemdes Zed, BPD, PKK Desa Zed, Komunitas Kawa Nyusah, anak-anak dari Komunitas Pramuka, warga Desa Zed serta Mahasiswa KKN Tematik UBB Desa Zed.

“Alhamdulillah program utama berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kami harapkan, karena telah melalui perjuangan panjang untuk mempersiapkan dan merancang dengan sangat cermat dan teliti dalam perancangan alat dan peragaan pembentukan briket arang,” kata Muhamad Yanuardi selaku Ketua Tim KKN Tematik UBB Desa Zed via What’sApp kepada Wartawan, Kamis 10 Agustus 2017. 

Yanuardi merasa bangga dan mengapresiasi kerja tim dari anggotanya dalam mempersiapkan sosialisasi program utama. 

“Saya bangga dengan kerja tim kawan-kawan dalam mempersiapkan pelatihan pembuatan briket dari tempurung kelapa di Desa Zed ini, karena walaupun waktu persiapan yang terbatas yakni hanya satu minggu, namun alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses ditandai dengan antusias peserta dalam bertanya dan mencoba pembuatan briket,” cerita Yanuardi. 

Ia bersama Mahasiswa KKN lainnya berharap, masyarakat Desa Zed bisa mempraktekan pelatihan pembuatan briket arang yang telah disampaikan oleh mahasiswa, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk mengurangi penggunaan minyak dan gas. 

“Semoga bisa menjadi pengurangan beban terhadap pembelian dan pemakaian bahan bakar pengganti minyak dan gas,” tutupnya. (red/1)

No Response

Leave a reply "Briket Tempurung Potensi Energi Baru"