Brigjen Jangkung Sematkan Baret Peserta Diksar Menwa

  • Whatsapp
Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI M Jangkung Widyanto menyematkan baret ungu kepada peserta Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa di Lapangan Upacara Makorem 045/ Gaya.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, NAMANG – Komandan Korem (Danrem) 045/Gaya, Brigjen TNI M Jangkung Widyanto menyematkan baret ungu kepada peserta Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa (Diksar Menwa) di Lapangan Upacara Makorem 045/ Gaya di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pemasangan baret pada Selasa (15/9/2020) ini, dilakukan dalam rangkaian Upacara Penutupan Diksar Menwa Mahadepam Provinsi Babel Angkatan I Tahun 2020 sebagai bukti kelulusan dan berakhirnya diksar dengan Irup Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Adapun tema yang diangkat pada diksar angkatan pertama ini “Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”.

Dalam amanatnya, Gubernur Babel mengatakan,  Menwa adalah salah satu kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri.

Baca Lainnya

Lahir di perguruan tinggi, sebagai perwujudan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata), beranggota mahasiswa yang terpanggil untuk membela negeri.

Anggota menwa (wira) di setiap kampus membentuk suatu satuan, sebagai salah satu unit kegiatan kemahasiswaan.

Tujuan dari latihan yang diberikan kepada peserta adalah agar terbentuk mental, moral, disiplin, serta kemampuan dasar militer, sehingga terwujudnya individu yang disiplin, tangguh, terampil, serta mempunyai jiwa kerja sama.

Tahun ini, Babel melahirkan angkatan pertama sebanyak 39 orang menwa yang terdiri dari 28 pria dan 11 wanita.

“Mereka dinyatakan lulus setelah melaksanakan diksar selama satu minggu, terhitung mulai dari tanggal 9 hingga 15 September 2020 di Makorem 045 Gaya Babel yang berjalan tertib dan aman,” ujarnya.

Gubernur Erzaldi juga mengucapkan terima kasih kepada Komandan Korem 045/Garuda Jaya yang telah memfasilitasi kegiatan, mulai dari penyiapan sarana dan prasarana hingga dukungan pelatih dan pendukung lainnya.

Kepada para mahasiswa yang telah melaksanakan diksar, Erzaldi mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya usai penanggalan tanda peserta latihan dan penyerahan sertifikat.

Upacara penutupan dihadiri langsung oleh  Kapolda Babel, Danlanal Babel, Kajati Babel, Ketua DPRD Bangka Tengah, dan para undangan seperti dari PT Timah, Bank Indonesia (BI), Badan Intelijen Nasional (BIN), dan lainnya yang juga berkesempatan memasangkan baret ungu kepada seluruh peserta menwa. (bis).

Related posts