BPJS Kesehatan Gelar Senam Prolanis Serentak

  • Whatsapp

Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

PANGKALPINANG- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengajak peserta JKN-KIS se-Bangka Belitung (Babel) yang tergabung dalam klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik dalam acara gebyar Prolanis, Sabtu (20/5/2017) di GOR Kacang Pedang. Acara ini juga dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Kepala Kantor BPJS wilayah Babel, Syaiful mengatakan Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis seperti diabetes melitus dan hipertensi, untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

“Melalui kegiatan gebyar Prolanis, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan melakukan senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat,” ucapnya mengutip sambutan Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusady.

Acara gebyar Prolanis ini dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian kegiatan seperti senam Prolanis, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis. Ia menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan serentak se-Indonesia. Termasuk di Provinsi Kepulauan Babel di 7 kabupaten kota.

Sebagai bentuk program promotif preventif yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah dicanangkan oleh Presiden RI. Untuk di Kota Pangkalpinang, terdiri dari peserta yang berasal dari FKPT di masing-masing kecamatan. Sebenarnya di BPJS ada program rutin senam Prolanis tapi dilaksanakan per kelompok di setiap FKPT puskesmas atau dokter keluarga, hari ini (Sabtu-red) kita pusatkan disini,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Babel, Mulyono Susanto. Ia mengapresiasi senam Prolanis yang digelar BPJS kesehatan untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat ini. “Ini gerakan bersama seluruh Indonesia, gerakan masyarakat untuk hidup sehat, fokus olahraga teratur dan cek kesehatan, makan buah dan sayur bagian program gerakan masyarakat menuju sehat,” ujarnya.

Ia berharap, senam ini selanjutnya bisa berkesinambungan dan agar semua FKPT melaksanakan senam prolanis secara kontinyu dan dikembangkan, karena senam ini sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat yang memiliki faktor risiko penyakit tak menular. “Melalui senam ini bisa kurangi faktor risiko, bagi yang sudah terkena ini bagian untuk mengurangi,” katanya. (nov/10)

Related posts