by

BPBD Babel Akan Latih 4000 Relawan Siaga Bencana

Di 21 Kecamatan

Mikron Antariksa

PANGKALPINANG- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa mengungkapkan, untuk mitigasi bencana di daerah pihaknya akan melatih relawan yang ada di 21 kecamatan di daerah itu.

Relawan ini, menurut dia, adalah warga masyarakat di kecamatan yang akan dilatih dan dibekali teknik serta pemahaman ketika terjadi bencana.

“Kita akan ambil tiga kecamatan di setiap kabupaten, satu kecamatan sekitar 200 relawan yang dilatih, artinya ada 21 kecamatan atau sekitar 4000 relawan,” kata Mikron kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Relawan inilah, sambung Mikron, yang nantinya disiagakan ketika terjadi bencana di lokasi yang berjauhan dengan kota, artinya relawan ini memiliki jangkauan yang dekat.

“Kalau selama ini, tim dari kota kabupaten atau provinsi yang turun, tentunya memakan waktu, dengan adanya relawan yang mengerti dan paham di kecamatan otomatis bisa membantu ketika terjadi bencana sebelum tim kita tiba di lokasi,” jelasnya.

Relawan ini, lanjut dia, akan dibekali berbagai cara mitigasi bencana, baik bencana banjir, kebakaran hingga gempa yang akhir-akhir ini pun terjadi di Babel.

“Apalagi kalau ada gempa, masyarakat bingung apa yang dikerjakan, akan kita coba sosialisasikan bagaimana ketika terjadi bencana kepada relawan dan masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, BPBD Babel, tambah mantan kepala BPBD Kota Pangkalpinang ini, akan melakukan sosialiasi melalui media dan lainnya, agar masyarakat sadar dan mengerti apa saja yang dilakukan ketika terjadi bencana, langkah antisipasi agar tak terjadi bencana, dan rehabilitasi pasca bencana.

“Masyarakat kita harus sigap dan bisa menjaga agar tak terjadi bencana, seperti musim panas ini kebanyakan lahan kering akan mudah terbakar, kalau memang membakar ya setidaknya jangan ditinggalkan harus dijaga, agar apinya tidak kemana-mana, karena angin juga saat ini sangat kencang,” kata Mikron.(nov/10)

Comment

BERITA TERBARU