BPB Bangka Tengah Catat 50 Kasus Kebakaran

  • Whatsapp

KOBA – Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kabupaten Bangka Tengah mencatat sebanyak 50 kasus kebakaran hutan sepanjang bulan Februari hingga September 2019.

Hal itu dikatakan Kabid Penanggulangan Bencana Yudhi S saat dikonfirmasi wartawan, Senin (09/09/2019). Menurutnya, yang banyak terbakar dari 50 kasus itu adalah hutan kebun dan ilalang. “Dari Februari 2019 hingga sekarang ada 50 kasus kebakaran yakni hutan kebun dan ilalang,” ujarnya.

Kasus yang lebih banyak katanya kebakaran ilalang. Seperti di wilayah Pantai Tanjung Langka yakni terbakar ilalang dan hutan lindung. “Daerah Tanjung Langka dengan luas 8 hektar. Kemudian di kompleks Koba Tin dan belakang konter Sriwijaya Jalan By Pass Koba,” ungkapnya.

Disebutkannya, pemicu kebakaran bermacam-macam, seperti buang puntung rokok, kemudian bakar lahan kebun yang tidak dimatikan dan akhirnya menjadi api. “Yang terbakar lebih banyak di daerah pesisir yakni wilayah Koba dan Desa Kurau,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 15 personil gabungan yang ditugaskan untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran.

“Kami menyiagakan 15 personil dibantu kepolisian. Kasus kebakaran paling banyak di Kecamatan Koba,” tandasnya. (ran/3).

Related posts