BKPSDM Usulkan Formasi CPNS

  • Whatsapp

Honorer Diarahkan Jalur P3K

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, pekan ini akan mengusulkan formasi CPNS ke pemerintah pusat. Hanya saja kapan waktu rekrutmen masih belum ada kepastian jelas dari pemerintah pusat.

Kasubbid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM BKPSDM Babel, M. Erisco Nurrakhman menyebutkan, saat ini pihaknya masih dalam proses penyusunan kebutuhan tahun 2019, terkait jabatan yang akan diusulkan.

“Sesuai dengan surat dari Kemenpan yang kami terima nomor :B/617/M.SM.01.00/2019, usulan ini harus disampaikan pada Minggu kedua bulan Juni 2019, jadi kami akan segera sampaikan usulan ini ke pusat,” katanya, Rabu (12/6/2019).

Dari edaran ini, untuk rekrutmen yang dibuka pemerintah daerah, harus berdasarkan beberapa hal, diantaranya usulan kebutuhan harus memperhatikan jumlah ASN yang sudah memasuki masa pensiun, memperhatikan rasio jumlah penduduk dengan PNS, dan luas wilayah serta melampirkan surat pernyataan kesediaan anggaran gaji dan latihan dasar bagi CPNS.

“Kita sudah rapat dengan beberapa OPD, datanya sudah ada, tinggal finaliansi verifikasi kebutuhan, minggu kedua ini kita sampaikan,” imbuhnya.

Dari ketentuan Kemenpan ini, usulan formasi pengadaan CPNS tahun 2019, sebanyak 30 persen untuk pengadaan CPNS dan 70 persen penerimaan P3K.

“Kita usulkan baru nanti ada keputusan dari Menpan, kita belum bisa berikan jumlah berapa banyak, karena nanti pusat akan mengkaji kesesuaian yang kita usulkan melihat beberapa pertimbangan,” sebutnya.

Disinggung waktu rekrutmen CPNS dan P3K, Erisco menyebutkan kemungkinan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan, tinggal nanti pelamar memilih akan melamar menjadi CPNS atau P3K. Khusus untuk tenaga honorer Pemprov diarahkan untuk mengikuti jalur P3K.

“Dalam penyusunan formasi, kami mengarahkan masing-masing OPD mengusulkan formasi atau memberikan kepada honorer untuk melamar dan kita usulkan formasinya, misalnya guru, artinya dari sekolah usulkan formasi jabatan contoh guru fisika, ini kita usulkan dalam P3K, tetapi formasi ini tetap bisa dilamar oleh pelamar umum, sepanjang memenuhi syarat dan kualifikasi,” jelasnya.

Sementara untuk anggaran, BKPSDM belum mendapatkan petunjuk pusat, tetapi dalam edaran pusat, yang diperlukan surat penyataan dari daerah untuk menyiapkan anggaran gaji dan pelatihan dasar.

“Kita lampirkan surat pernyataan itu, kita sampaikan yang betul prioritas bukan hanya sifatnya keinginan, karena memang kita butuh pegawai,” ulasnya.

Formasi yang akan diusulkan, lanjut Erisco, masih akan diprioritaskan formasi guru, petugas kesehatan, dan juga jabatan tertentu yang mendukung program nasional dan prioritas daerah. (nov/6)

Related posts