BKKBN Dorong Kabupaten Buat Grand Design Kependudukan

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bangka Belitung (Babel), Etna Estelita meminta agar pemerintah kabupaten dan kota untuk segera menyusun grand design pembangunan kependudukan.

Dia menyebutkan dalam penyusunan grand design tersebut terdiri dari lima aspek yaitu pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk serta penataan administrasi kependudukan.

“Dari tujuh kabupaten dan kota, yang telah menyusun grand design pembangunan kependudukan dengan lima aspek ini baru Kabupaten Bangka ,” ujar Etna kepada wartawan belum lama ini.

Sementara itu, ada tiga kabupaten yang sudah menyusun namun belum memenuhi semua aspek, melainkan baru aspek pengendalian kuantitas penduduk baru tiga kabupaten saja yang telah selesai, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

“Saya berharap kabupaten yang belum ada membuat grand design dan yang baru membuat satu aspek grand design mudah-mudahan tahun ini bisa menyelesaikan dengan lima aspek ini,”harapnya.

Tujuan dari penyusunan grand design pembangunan kependudukan, menurut Etna adalah mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan melalui rekayasa kondisi penduduk optimal yang berkaitan dengan jumlah, struktur atau komposisi, pertumbuhan, serta persebaran penduduk;

“Kemudian mengendalikan pertumbuhan dan persebaran penduduk sesuai dengan kondisi sosial, budaya, ekonomi, daya dukung alam dan daya tampung lingkungan melalui pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian dan pengarahan mobilitas penduduk,” tandasnya.

Grand design ini, dia menambahkan juga menjadi rekomendasi untuk kepala daerah di Babel dan bisa mempengaruhi stakeholder untuk mengambil keputusan sehingga lebih tepat sasaran.(nov/10)

Related posts