BK Soroti Anggota Dewan Suka Bolos

  • Whatsapp

Harrie: Jangan DL Saja Kuorum

PANGKALPINANG – Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Pangkalpinang mengingatkan seluruh Anggota DPRD Pangkalpinang agar tidak menyepelekan absensi kehadiran. Persoalan absensi, kata dia, dapat mempengaruhi kinerja wakil rakyat, terutama terkait kuorum tidaknya jumlah anggota DPRD dalam suatu pembahasan ataupun paripurna.

Muat Lebih

Ketua BK, Harrie Aryanto mengaku pihaknya sedang menyoroti kinerja para anggota DPRD yang sering disinyalir jarang hadir dalam kegiatan rapat paripurna dan pembahasan panitia khusus (Pansus). Katanya, BK sudah pernah menyurati fraksi yang ada di DPRD Kota Pangkalpinang, agar kinerja anggota dewan bisa lebih optimal melakukan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Kita akui memang ada (anggota dewan-red) yang kehadirannya minim. Sebagai contoh kehadiran saat rapat paripurna dan rapat pansus seperti harus digiring dahulu agar bisa kuorum dan rapat bisa dilanjutkan. Jika tidak kuorum kita bisa malu ketika dilihat tamu undangan yang hadir saat rapat paripurna,”ujarnya.

Menurut dia, seharusnya semua anggota DPRD dapat memahami hal tersebut demi terlaksananya tugas sebagai legislator. Ia menegaskan dewan jangan sampai ketika perjalanan dinas luar daerah saja yang kuorum namun semua kegiatan di DPRD dapat diikuti semunya.

“Memang tidak semua yang absen tersebut tanpa alasan, mungkin sedang sakit atau kegiatan yang tidak dapat ditinggal. Kalau alasannya sakit dapat kita maklumi. Kami dari BK berharap anggota dewan menyadari dan hadir dalam setiap kegiatan rapat paripurna dan pansus yang sudah ditentukan,” harapnya. (bum/10)

Pos terkait