by

Biaya Operasional Jembatan Emas Rp2 M

 

2018 Dianggarkan Rp60 Juta Sebulan

Pangkalpinang – Jembatan Baturusa II atau Jembatan EMAS yang menghubungkan kawasan Ketapang Kota Pangkalpinang dengan Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp2 miliar dalam biaya operasionalnya.
Biaya itu dianggarkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PUPR Babel) dalam APBD Babel tahun 2018, untuk membiayai seluruh operasional jembatan. Rinciannya, dalam satu bulan pengoperasionalan jembatan menghabiskan biaya Rp60 juta.
Plt. Kepala Dinas PUPR Babel, Syahrudin mengatakan biaya operasional ini termasuk untuk pembayaran listrik, dan juga tenaga operator jembatan yang tahun ini akan diadakan sebanyak 21 orang.
“Jembatan EMAS itu operasionalnya untuk bayar listrik, buka tutup jembatan termasuk operasional lainya mencapai Rp60 juta perbulan atau Rp2 M pada tahun ini,” kata dia.
Ia menyebutkan, jembatan ini dalam satu hari dilakukan lima kali buka tutup atau sebanyak 10 gerakan. Jembatan akan terbuka ketika air laut pasang untuk keperluan lalu lintas kapal dari Pelabuhan Pangkalbalam maupun masuk ke kolam pelabuhan.
Pada tahun lalu, tenaga operator jembatan ini sebanyak 16 orang dan tahun 2018 ini akan dibagi tiga shif dengan total 21 orang. Kelak bakal bergabung operator jembatan yang sudah dilatih dari luar daerah.
“Satu hari lebih dari lima kali buka tutup, jadwalnya tergantung keluar masuk barang dan pasang surut,” imbuh mantan Sekda Provinsi Babel ini.
Tahun ini juga Dinas Perhubungan dan PUPR akan memasang rambu-rambu serta lampu di jembatan untuk melengkapi yang sudah ada. Dengan harapan dapat lebih memudahkan pengguna jalan ketika rambu-rambu serta lampu sudah siap dan memadai.
“Lampu juga sudah kita anggarkan, yang tidak terlalu boros menggunakan listrik,” ujar pria tambun yang kini menjabat Staf Ahli Gubernur Babel ini.
Syahrudin meminta, untuk kenyamanan transportasi agar Satpol PP bisa melakukan penertiban di kawasan jembatan. Karena tidak boleh ada pedagang berjualan di sepanjang jalan di atas jembatan yang memiliki panjang 720 meter dengan lebar 24 meter tersebut. Jambatan EMAS ini dalam pembangunannya telah menghabiskan APBD Babel dalam beberapa tahun sebesar Rp420 miliar lebih. (nov/1)

Comment

BERITA TERBARU