Biaya Gubernur Babel ke LN Ratusan Juta

No comment 1133 views

Dari lima kali perjalanan dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke luar negeri, tiga diantaranya didanai oleh APBD provinsi Babel, yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 juta.
Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Pemprov Babel, Ellyana mengatakan, tiga perjalanan dinas yang menggunakan APBD yakni Ke Abu Dhabi, China dan Australia.
“Dua perjalanan yang sudah dilakukan yakni ke China dan Abu Dhabi dengan anggaran sekitar Rp 200 juta, ke Abu Dhabi Rp 97 juta, ke China Rp 90 juta yang sudah diproses itu ada dua,” katanya, Senin (13/11/2017).
Sementara perjalanan dinas lainnya, baik ke Malaysia maupun London, bisa saja menurut Elly, didanai oleh sponsor atau pihak ketiga. Jika menggunakan dana pihak ketiga, Gubernur tidak lagi mendapatkan uang saku dari APBD, karena secara aturan tidak boleh.
“Kalau menggunakan pihak ketiga ya murni dari swasta memang sudah ada aturan kalau menggunakan APBD ya dari APBD, tapi izinnya tetap ke Pak Menteri. Kalau yang Australia belum masuk ke kami tapi besarannya 636 dolar perhari,” imbuhnya.
Elly menjelaskan, untuk perjalanan dinas ke luar negeri, tidak tertuang dalam Pergub , tetapi mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 49/PMK.02/2017 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran, dan setiap negara berbeda besaran anggaran yang digunakan.
“Beda negara beda besarannya, dan itu ada ketentuannya untuk besaran perjalanan dinas, misalnya ke Australia 636 dolar, Abu Dhabi 459 dolar perhari, besaran itu dikalikan nilai rupiah pada hari yang berlangsung, kalau ke luar negeri itu sudah terangkum semuanya disitu lah biaya makan, transportasi, penginapan, dan uang saku,” bebernya.
Ia menambahkan, untuk perjalanan dinas ke luar negeri gubernur harus minta izin ke Menteri Dalam Negeri melalui Biro Pemerintahan, dalam izin itu sudah dicantumkan pengunaan dana untuk perjalanan dinas ini, apakah menggunakan APBD atau pihak ketiga, jika menggunakan APBD dari Biro pemerintahan akan menyampaikan ke Biro Umum untuk memproses anggaran.
Pada tahun ini, Elly menyebutkan, Biro Umum menganggarkan dana sebesar Rp 6,5 miliar, dana ini untuk membiayai perjalanan dinas pejabat mulai dari gubernur, Wagub, kepala biro jingga staf ahli dan pegawai lainnya.
“Dari Rp 6,5 M ini, yang sudah terpakai itu sekitar Rp 3,5 miliar,” ujarnya.
Ketika disinggung kerapnya Gubernur berdinas ke luar negeri, Elly mengatakan bahwa kunjungan gubernur berkaitan dengan kerja dan untuk kemajuan Babel.
“Sepanjang untuk masyarakat Babel enggak masalah, anggarannya juga ada. Kalau sifatnya pribadi beliau enggak pakai APBD kok, sekarang saja walaupun tujuannya kerja beliau juga tidak semuanya menggunakan APBD tapi ada dari pihak ketiga, pak gubernur ke luar negeri karena memang ada pekerjaan yang harus diselesaikan,” pungkasnya. (nov/6)

No Response

Leave a reply "Biaya Gubernur Babel ke LN Ratusan Juta"