BI Babel Gelar Penukaran Uang Bersama di Alun-Alun Taman Merdeka

  • Whatsapp

Program Rupiah untuk Negeri
Dari 27-31 Mei 2019

PANGKALPINANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar layanan penukaran uang bersama perbankan ‘Rupiah untuk Negeri- Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan dalam Melayani Negeri’ di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang mulai tanggal 27-31 Mei 2019.

Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika mengatakan penukaran uang bersama perbankan adalah kali pertama dilaksanakan di Bangka Belitung. Dengan program ini, dia berharap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Tantan juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan perbankan yang membantu pemenuhan uang kartal dalam kondisi layak edar dan tepat waktu sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat.

“Penukaran uang secara keseluruhan mencapai 85 titik dimana satu titik di Kantor BI Babel. Semenjak dibuka penukaran uang disambut antusias masyarakat. Saat ini penukaran uang sudah mencapai Rp 13,1 miliar dengan kontribusi kas keliling mencapai Rp 2,8 miliar,” kata Tantan.

Dia berharap kepada masyarakat untuk dapat menjaga uang baru untuk dijaga. Semakin banyak uang yang rusak semakin banyak yang akan dimusnahkan. “Uang yang fresh harus dijaga, habis ditukar jangan langsung diremas, jangan dilipat, dijepret,dibasahi. Mari kita jaga uang yang masih fresh ini,” pesannya.

Selain itu, Tantan menambahkan agar masyarakat dapat jeli untuk mencegah peredaran uang palsu. “Jangan lupa dilihat, diraba dirawang untuk memastikan uang itu tidak palsu. Peredaran uang palsu relatif rendah karena ini peran masyarakat memahami hal ini,” katanya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Babel, Edhi Rahmanto Hidayat memprediksi puncak penukaran uang receh akan terjadi pekan ini.

“Hal ini seiring dengan pembayaran THR sudah dilakukan perusahaan-perusahaan. Untuk pelayanan penukaran bersama di Alun-Alun Taman Merdeka dimulai jam 15-18.00 WIB,” katanya. (*/10)

Related posts