Besok Pemilu, Libur Nasional

  • Whatsapp
KOTAK SUARA – Sebanyak 4.355 kotak suara dan 3.484 bilik suara untuk Pemilu Serentak di Kabupaten Bangka, mulai kemarin dan hari ini Selasa (16/4/2019) didistribusikan KPU ke 871 TPS. KPU mengandeng PT Pos Indonesia untuk menyebar logistik Pemilu itu. Tampak pelepasan distribusi kotak suara dilakukan kemarin. (Foto: Riski)

Gubernur Ajak Warga Babel Nyoblos
Distribusi Bilik dan Kotak Suara Dimulai

Pangkalpinang – Rabu besok (17/4/2019) yang merupakan hari Pemilihan Umum Serentak tahun 2019, ditetapkan sebagai hari libur nasional. Untuk itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, mengajak para pekerja yang libur untuk menggunakan hak suaranya dengan memilih calon presiden, dan calon legislatif.
Ia menegaskan, tanggal 17 April telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun, tak dipungkiri ada perusahaan yang sifatnya member pelayanan kepada masyarakat untuk tetap beroperasi normal, seperti rumah sakit dan pelayanan lainnya.
“Kalau sudah ditetapkan libur nasional, ndak ada cerita, harus libur agar pekerja diberikan keleluasaan untuk menunaikan hak pilihnya. Kecuali yang layanan seperti rumah sakit,” katanya kepada wartawan, Senin (15/4/2019).
Untuk rumah sakit atau perusahaan yang sifatnya layanan masyarakat, diminta dapat mengatur jadwal pekerjanya agar semuanya bisa menggunakan hak pilih. Selain itu, ia mengajak ASN bersama keluarga ke TPS, untuk ikut menyosialisasikan kepada lingkungan sekitar agar tidak golput.
“Kita harus memberi pengertian betapa penting sekalipun satu suara, karena ini pesta demokrasi, memilih pemimpin presiden calon legislatif, dari DPR RI, DPD, DPRD provinsi hingga kabupaten,” ajaknya.
Suara masyarakat ini, kata Erzaldi sangat penting untuk merubah nasib bangsa, dan diharapkan yang dipilih oleh rakyat nantinya potensi enggak untuk melakukan hal-hal baik.
“Tentunya kita ingin negara kita lebih baik. Kalau ingin suatu perubahan, yang ada sekarang ini kita pilih, dan kita berharap partisipasi pemilih diatas 77,7 persen. Bila perlu sholat dulu untuk menentukan pilihan,” tandasnya.
Saat pemilu berlangsung, mantan Bupati Bangka Tengah ini akan menggunakan hak suaranya di TPS depan Puskesmas Pangkalan Baru. Sementara Wagub Babel, Abdul Fatah akan memberikan hak pilihnya di TPS di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.
“Kami akan memantau jalannya pemilu, berbagi tugas dengan Pak Wagub, saya di Pulau Bangka, beliau di Belitung,” tutur Erzaldi.

Distribusi Logistik

Sementara itu, sebanyak 25 truk disiapkan pihak KPU Bangka untuk melakukan pendistribusian logistik kotak suara di delapan kecamatan di seluruh Kabupaten Bangka, Senin (15/4/2019). Dalam pendistribusian tersebut pihak KPU mengandeng PT Pos Indonesia untuk mengirim 4.355 kotak suara dan 3.484 bilik suara tersebar di 871 TPS.
Kecamatan Belinyu memiliki 596 bilik dan 745 kotak suara, Riau Silip 288 bilik dan 369 kotak suara, Mendo Barat 556 bilik dan 685 kotak suara, Bakam 224 bilik dan 280 kotak suara, Puding Besar 216 bilik dan 270 kotak suara, Merawang 312 bilik dan 390 kotak suara, Pemali 340 bilik dan 425 kotak suara, sedangkan Kecamatan Sungailiat 952 bilik dan 119 kotak suara.
Dalam pendistribusian tersebut, pihak KPU Bangka memprioritaskan lokasi terjauh untuk dikirim terlebih dulu.
“Kita prioritaskan yang jauh-jauh dulu, Mendo Barat dan Belinyu dulu. Kecamatan Sungailiat terakhir karena dekat-dekat,” ungkap Ketua KPU Bangka, M Hasan.
Ia mengatakan seluruh logistik akan disebarkan ke 82 desa/kelurahan di Kabupaten Bangka dan turut didampingi oleh pihak keamanan seperti anggota Polri dan Satpol PP. Menurutnya, tidak ada masalah lagi untuk logistik dan dapat didistribusikan semua baik logistik Pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI.
“Untuk ligistik kita kemarin sempat ada masalah terkait ada keterlambatan pengiriman kekurangan kerusakan kemarin, tapi alhamdulillah sudah bisa tercukupi karena sudah datang walaupun rada terlambat dan membuat kita harus lembur,” terangnya.
Untuk distribusi dari desa ke TPS akan dilakukan pada H-1 atau hari ini ke 871 TPS yang ada di seluruh Kabupaten Bangka.
Kapolres Bangka, AKBP Budi mengatakan pihaknya akan mengawal dan menjaga logistik hingga Pemilu 2019 selesai.
“Kita berharap seluruh logistik ini dapat sampai tepat waktu. Selain itu kita juga berharap agar jalannya pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.
Sedangkan Manager Penjualan Kantor Pos, Himyar menyebutkan, dalam pendistribusian logistik di Kabupaten Bangka, setiap truk disiapkan terpal untuk menutupi bagian atas bak. Upaya itu untuk menjaga kondisi kotak suara agar tidak rusak jika cuaca hujan saat pendistribusian sedang berjalan. Pihak Pos sengaja menyuruh sopir truk menyiapkan terpal agar kondisi logistik pemilu tetap terjaga.
“Pendistribusian logistik kali ini ada 24 truk, semuanya kita suruh siapkan terpal jadi jika hujan kondisinya tetap aman dan tidak terkena air walaupun kotak suaranya sudah dilapisi plastik,” ungkapnya.
Pihak Pos mengaku tidak mengalami masalah selama melakukan pendistribusian logistik pemilu.
“Tidak ada masalah karena memang sudah biasa mengirim logistik seperti ini sejak tahun 2007 lalu. Semua rute juga sudah aspal,” terangnya. Termasuk mobil untuk pendistribusian dalam kondisi prima dan tidak ada permasalahan.
Hal sama dilakukan KPU Bangka Tengah. Pihak KPU menyiapkan 24 truk untuk mendistribusikan logistic.
“Pendistribusian logistik itu kami bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia, sebanyak 24 mobil truk disiapkan untuk mengantar logistik ke seluruh TPS,” ujar Rusdi, Ketua KPU Bangka Tengah, Senin (15/04/2019).
Pendistribusian semua logistik pemilu ini dimulai hari ini Selasa (16/04/2019), namun sebelumnya dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan semua logistik sudah lengkap.
“Hari ini kami melakukan pengepakan dan pengecekan ulang terhadap semua logistik pemilu. Pengepakan dituntaskan hari ini dan Selasa (16/04/2019) pagi langsung pendistribusian ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengepakan ini kami lakukan yaitu semua logistik pemilu berada dalam satu bundel dan dimasukkan ke dalam kotak suara,” tuturnya.
Rusdi menambahkan kotak suara aman dari kerusakan karena kembali dibungkus dengan kertas bening anti hujan.
“Pengamanan terhadap logistik pemilu ini berlapis, tidak hanya kotak suara dibungkus plastik tetapi juga semua logistik di dalam kotak dilapisi plastik bening,” tandasnya. (mg419/ran/1)

Related posts