by

Besok, MK Putuskan Sengketa Pilkada Belitung

Sidang Ketiga Agenda Perselisihan Hasil Pemilihan
KPU Berharap Keputusan Dismisal

TANJUNGPANDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung telah menerima surat panggilan persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) yang ketiga dalam sengketa Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung 2018 dari Mahkamah Konstitusi (MK).
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan mengatakan sidang perkara nomor 24/PHP.BUP-XVI/2018, akan menjalani persidangan kali ketiga yang dijadwalkan pada Jumat (10/8/2018) mulai pukul 08.30 WIB di ruang panel 2 gedung MK RI.
“Jadi untuk agenda persidangan PHP yang ketiga ini yaitu pembacaan putusan,” kata Soni Kurniawan kepada Rakyat Pos,” Rabu (8/8/2018).
Oleh sebab itu, kata dia, komisioner KPU Kabupaten Belitung didampingi Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Belitung akan bertolak ke Jakarta pada Kamis (9/8/2018).
Soni berharap keputusan yang akan dibacakan MK hasilnya dismisal, sehingga seluruh perselisihan bisa terselesaikan dengan baik.
Selain itu, kata dia, apapun keputusan yang dibacakan MK nantinya mau tidak mau harus tetap dilaksanakan.
“Intinya sidang ini bukan masalah menang atau kalah, tapi sebagai pendewasaan politik bagi kita semua. Bagi kami ini menjadi pengalaman untuk penyelenggara Pemilu 2019,” ujarnya.
Soni menambahkan pasca menerima putusan dari MK, pihaknya akan segera melakukan penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung terpilih periode 2018-2023 pada rapat pleno.
Dirinya memperkirakan pleno akan digelar tiga hari pasca putusan dibacakan oleh MK.
Ia mengatakan pada sidang sebelumnya atau sidang kedua pada Selasa (31/7/2018) lalu dengan agenda jawaban termohon, KPU sudah melengkapi segala bukti dan jawaban kepada majelis hakim.
Menurutnya selama persidangan kedua tersebut, majelis sempat meminta penambahan alat bukti. Lalu, KPU Kabupaten Belitung segera melengkapi sehari pasca persidangan.
“Intinya selama persidangan pertama dan kedua kemarin, kami mengapresiasi karena tidak terlalu banyak hal yang menjadi pertanyaan. Selain itu kepada panwaslu yang didampingi Bawaslu Provinsi Babel, pihak paslon nomor empat yang didampingi pengacara serta pihak pemohon,” katanya.
Terpisah, calon Bupati Kabupaten Belitung nomor urut 2, Hellyana Setyobudi mengatakan pihaknya bersama tim kuasa hukum juga akan bertolak ke MK untuk memenuhi panggilan sidang ketiga.
Menurutnya saat ini dirinya hanya memperbanyak doa untuk hasil yang terbaik terkait keputusan dari MK nantinya. “Insyallah besok berangkat ke Jakarta. Banyak doa saja semoga yang terbaik,” pungkasnya. (dod/6)

Comment

BERITA TERBARU