by

Bersinar atau Hancur Karena Narkoba

-Opini-148 views

Oleh: Nopa Laura
Mahasiswi FISIP Universitas Bangka Belitung

Nopa Laura

Kita baru saja melaksanakan peringatan Hari Anti Narkoba Indonesia (HANI). Melalui momen tersebut,N mari kita kembali bicara mengenai narkoba. Karena melalui momen tersebut, setidaknya kita bisa meningkatkan kesadaran bahwa bahanya Narkoba untuk masa depan bangsa sangat penting. Terlepas dari itu, negara Indonesia tetap berada di ujung tombak kehancuran, dimana harta berharga bangsa Indonesia yaitu generasi Emas menjadi ancaman para penjahat masa depan dengan senjata mereka yaitu Narkoba.
Masuknya benda haram ini, begitu cepat, dengan memanfaatkan strategisnya letak geografis wilayah Indonesia yang mudah dididatangkan dari mana saja. Memanfaatkan transfortasi laut yang menyuap dengan sogokan uang agar bisa mendatangkan narkoba dari negara-negara asing yang ada di dunia. Oleh sebab itu, Presiden RI Jokowi mengatakan, bahwa salah satu permasalahan terbesar Indonesia adalah tingginya korban narkoba, dimana korbannya mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Menyempitnya perekonomian masyarakat di Era sekarang semakin dimanfaatkan oleh para penjahat narkoba, sehingga kriminalitas pun meningkat disebabkan desakan akan kencanduaan narkoba.
Kekhawatiran akan hal ini terus berlanjut, harapan demi harapan yang diinginkan agar masyarakat Indonesia bisa terselamatkan dari penjerumusan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terus digaungkan. Dari hal ini, para pemberantas Narkoba sangat mengharapkan setelah kita melakukan peringatan Hari Anti Narkoba Indonesia kemarin, kepedulian dan rasa akan kecintaan terhadap masa depan, kemajuan dan perkembangan negara bisa terselamatkan. Permasalahan tidak akan pernah selesai tanpa adanya kesadaran dari masing-masing pihak, karena sebelum orang menjajah diri kita, maka yang paling pertama menjajah diri kita yaitu diri sendiri.
Penulis mengharapkan agar kita tidak terlena setelah Hari Anti Narkoba Indonesia (HANI) dilaksanakan, dan kita melupakan bahayanya narkoba. Ingat! setiap waktu dimanapun berada sayangi diri kita sendiri sebelum menyanyangi orang lain. Mari kita bantu bangsa Indonesia untuk memberantas narkoba dengan memperdulikan lingkungan kita sendiri mulai dari tetangga, kerabat dan saudara. Karena pemicu utama terjadinya penyimpangan yaitu dari lingkungan yang buruk dan pemilihan pergaulan yang salah. Ayo.. jadilah pemuda-pemudi yang cerdas dan mampu menyelamatkan nyawa banyak orang. Karena ketidakmampuan dalam memahami fungsi diri dan lingkungan akan menjadikan kegagalan dalam membentuk pribadi yang berkualitas.
Permasalahan narkoba akan dijadikan sudut pandang utama yang harus kita berantas untuk memajukan bangsa Indonesia, yang selama ini dengan berlimpah masalah dihadapi mulai dari populasi penduduk yang sangat banyak, angka kelahiran yang sangat tinggi, pengangguran yang melimpah ruah di setiap titik pulau, pendidikan yang rendah, kemiskinan dimana-mana, ketidakmerataan kesehatan, kriminalitas yang tinggi, kemerosotan perekonomian semakin hari semakin menekan masyarakat.
Jangan sampai narkoba menyempurnakan permasalahan yang ada di Indonesia ini. Dimana setiap harinya ada yang menjadi korban dari narkoba, muatan lapas yang melampaui batas telah menjadi dua sampai tiga kali lipat dari perkiraan. Apa jadinya Indonesia pada tahun 2045? Yang seharusnya kita menikmati manisnya kemerdekaan yang telah dengan susah payah bahkan tetesan darah dan nyawa melayang dipertaruhkan para Pahlawan bangsa ini. Jika Indonesia terus membiarkan ini terjadi, tahun 2045 akan menjadi puncak kehancuran, dimana penjajah bukan berupa senjata, bukan bermandi darah, tapi menjadi penjajah adalah narkoba yang taruhannya nyawa dan masa depan bangsa. Pilihan ada di tangan kita Emas yang bersinar atau hancur karena narkoba.(***).

Comment

BERITA TERBARU