Bermula dari Babel, Jaringan Internasional 200 Kg Sabu Terbongkar

  • Whatsapp

Disembunyikan dalam Karung Pupil Jagung dari Myanmar

Petugas saat membongkar karung pupil jagung ternyata berisi narkoba. (Foto: SC video, Istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Tim gabungan yang terdiri dari Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan Ditresnarkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung dan Bea Cukai, kembali berhasil membongkar peredaran gelap narkoba dalam skala yang sangat besar.

Kali ini, jumlahnya tak tanggung-tanggung, sekitar 200 kilogram narkotika jenis sabu-sabu digerebek petugas gabungan di sebuah gudang di kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Parahnya, ratusan kilo sabu yang berasal dari Myanmar ini, sebelum dikirim ke Jakarta sempat dikemas di dalam karung berisi butiran pupil jagung ke Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Lainnya

Dari sinilah kasus peredaran narkoba jaringan internasional ini terungkap. Polisi bermula menggerebek sebuah gudang sembako di Jalan Lontong Pancur, Kecamatan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, dan menemukan 9 kilogram lebih sabu-sabu yang disimpan di dalam karung berisi pupil jagung.

Dari gudang di Pangkalpinang ini, kemudian narkoba di dalam karung pupil jagung yang diimport dari Myanmar, selanjutnya dikirim ke Jakarta. Dan puluhan karung berisi pupil jagung serta narkoba itu telah dikirim ke Provinsi Banten.

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol A. Maladi membenarkan adanya pengungkapan kasus narkoba berskala besar, jaringan internasional oleh timgab yang salah satunya Ditresnarkoba Polda Babel.

“Ya, memang benar. Besok, tunggu Pak Kapolda langsung yang rilis,” kata Maladi singkat saat dikonfirmasi.

Informasi yang dihimpun harian ini menyebutkan bahwa Ditresnarkoba Polda Babel berhasil membongkar peredaran narkoba ini, usai mendapatkan info adanya pengiriman barang yang mencurigakan ke Kota Pangkalpinang dari Myanmar.

Setelah ditelusuri, ternyata benar adanya peredaran barang haram ini dan polisi menemukan 8 bungkus besar sabu-sabu dengan berat bruto 9,13 kilogram di dalam karung yang berisi pupil jagung ketika menggerebek sebuah gudang di Jalan Lontong Pancur.

Dari hasil temuan ini, Direktur Reserse Narkoba Polda Babel, Kombes Pol Ahmad Yanuari Insan bersama empat personil lantas berangkat ke Jakarta untuk melakukan pengembangan. Didapat keterangan bahwa karung-karung pupil jagung dan narkoba itu mampir di Pangkalpinang dari Myanmar, kemudian dikirim ke Jakarta.

Lalu, Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Ahmad Yanuari Insan meminta back up dari Tim Direktorat 4 Tipidnarkoba Bareskrim Polri yang kemudian berkoordinasi dengan tim gabungan untuk membongkar jaringan internasional ini.

Hasilnya, bersama tim gabungan dilakukan penggerebekan di gudang kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Dan tim berhasil mengamankan empat orang, yakni SCR warga Jakarta, RN warga Batam, A warga Batam dan YD warga Batam.

Adapun barang bukti yang diamankan dalam penangkapan ini berupa narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam karung berisi jagung dengan berat bruto lebih dari 200 kilogram, pupil jagung seberat 20 ton, satu unit kendaraan Daihatsu Xenia warna putih nopol B 1107, satu unit kendaraan Grandmax warna silver nopol D 1321 AAS, satu buah metal detector dan tiga buah pisau cutter. (bis/1)

Related posts