Berkah Unggul, Rustam-Irwansyah Terakhir

  • Whatsapp

Pleno Rekapituasi KPU Basel

TOBOALI – Pasangan Erzaldi – Abdul Fatah (Berkah) berhasil meraup suara tertinggi sebanyak 29.448 dalam Pleno Rekapitulasi Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara Kabupaten Bangka Selatan Rabu (22/2/2017) di Grand Marino Hotel.

Sementara pasangan Beriman berada di urutan dua yaitu 16.350 suara disusul pasangan Yusron-Yusroni 14.211 suara dan terakhir pasangan Rustam-Irwansyah 12.965. Dari DPT 126.541 hanya 74.537 pemilih yang memberikan hak suaranya. Dan itupun terdapat 1.563 suara yang tidak sah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Basel, M Ali Syahbana mengungkapkan partisipasi pemilih Basel pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel 2017 hanya mencapai 59,2 persen saja. Angka ini turun dibandingkan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun lalu yang berada pada 61 persen.

“Memang target kita 75%, namun salah satu faktornya adalah cuaca yang hujan secara merata membuat partisipasi sedikit menurun, namun tidak begitu jauh, dan Basel tidak pada nomor buncit” kata Ali usai rapat pleno.

Di sisi lain, Ali menyebutkan persoalan belum adanya E-KTP membuat warga enggan mencoblos walaupun bisa menggunakan surat keterangan yang diterbitkan Dukcapil.

“Jika persoalan ini bisa diselesaikan, tentu data pemilih akan lebih akurat, dan tidak ada pemilih ganda, masalah ini sebenarnya terjadi di seluruh Indonesia,”katanya.

Di sisi lain, Ali mengungkapkan rapat pleno yang digelar KPUD Basel berjalan dengan aman dan lancar. Suara yang telah direkap mulai dari KPPS, PPS, PPK tidak ada perubahan.

“Hanya tadi salah input data di DPT, yang laki-laki di input di perempuan dan langsung dikoreksi, tidak ada masalah, semua berjalan baik, tidak ada sanggahan dan bantahan dari Panwas maupun Saksi, hasil ini langsung kita laporkan ke KPU RI melalui scan, kemudian logistik langsung dikirimkan ke KPU Babel,” pungkas Ali. (raw/10)

Related posts