by

Beri Sosialisasi TP4D, Rilke: Kejaksaan Bukan Bos Tapi Rekan

-Bangka-266 views
Kajari Bangka Rilke Jeffri Huwae bersama Sekda Bangka Ahmad Mukhsin (foto:ist)

SUNGAILIAT -Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangka Rilke Jeffri Huwae mengatakan, kejaksaan pada umumnya adalah teman atau rekan Pemkab Bangka dan kepala kejaksaan bukan bos tapi adalah rekan. Hal ini dikatakan Rilke saat memberi penyuluhan hukum kepada kepala OPD Pemkab Bangka di OR Bina Praja, Kamis (19/7/2018).

“Tujuan kami kerja yaitu terciptanya masyarakat adil dan makmur. Tidak ada tujuan cari kesalahan. Mari kita bangun moment lebih familiar. Saya menyampaikan kalau ada keraguan tugas dan tanggungjawab kita, komunikasi,” kata Rilke.

Mantan Kajari Fakfak ini mengemukakan, ia atas nama pimpinan mau membangun komunikasi dalam rangka mengoptimalkan tugas dan kinerja masing-masing. Saat ini, menurut dia, di kejaksaan ada Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D). TP4D menurut dia, memiliki pola kerja yaitu menghindari terjadinya korupsi.

Tugas dan fungsi TP4D yaitu untuk optimalisasi penyerapan anggaran, pengelolaan anggaran dan pertanggungjawaban anggaran. TP4D berupaya menghilangkan keraguan dari penggunaan anggaran dan kuasa pengguna anggaran.

“Hal ini supaya ada kepercayaan diri dalam pengelolaan anggaran sesuai apa yang dirancangkan dalam APBD karena ada yang masih takut-takut,” ungkap Rilke yang baru satu bulan bertugas di Bangka ini.

Dia mencontohkan, ada pekerjaan baru empat persen bisa dipotong di tengah jalan dan kontrak stop karena ada perbuatan melanggar hukum yang berpotensi merugikan negara.

“Pola mencegah, disitu kita meng-cut dulu dengan prinsip ada dugaan menimbulkan kerugian negara. Kita mulai benahi. Kita bukan meng-cut pekerjaan tapi memperbaiki pekerjaan. Jadi hanya kesalahan administrasi yang dilaksanakan pengguna anggaran,” terangnya.

Rilke mengaku sangat paham betul visi misi bupati terpilih dengan janji politiknya sehingga tata kelola mengacu pada visi misi bupati terpilih.

“Kita hanya menginventarisir problematik di Kabupaten Bangka. Lebih banyak memberikan masukan terhadap problematik di masyarakat. Saya mengundang bapak-ibu bermitra cegah korupsi lewat TP4D,”katanya.

Dia menambahkan, saat ini kejaksaan memposisikan di depan, menjaga supaya tidak ada yang masuk penjara. Dia meminta jangan berpikir Kajari berprestasi kalau banyak orang ditangkap atau banyak uang negara dikembalikan. (snt/10)

Comment

BERITA TERBARU