Beri Pinjaman Bunga Tinggi, Koperasi Bodong Bikin Gerah

  • Whatsapp
Elfiyena

PANGKALPINANG– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung (Babel), Elfiyena mengaku gerah dengan aktivitas dan keberadaan koperasi bodong yang ada di daerah itu. Menurutnya, koperasi tanpa izin resmi ini menawarkan pinjaman kepada masyarakat dengan proses cepat namun bunga yang tinggi.

“Iya, yang dirugikan adalah masyarakat, memang masyarakat di desa enggak tau, karena mereka ini memanjakan masyarakat, setiap hari ngambil kredit, warga enggak perlu jauh-jauh kan, tapi coba lama-lama, bunganya berapa,” kata Elfiyena, Selasa(12/3/2019).

Pihak dinas, lanjut dia, berencana akan mengandeng kepolisian untuk membentuk satuan tugas (satgas) dan akan menindak koperasi bodong ini. Koperasi bodong, tegasnya, tidak memiliki izin dan tidak terdaftar di dinas koperasi maupun dalam online data sistem yang dikeluarkan kementerian.

“Sebetulnya mudah mengecek mereka ini, tinggal download aplikasi Kementerian UMKM, disana ada data koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Hanya saja, lanjutnya, terkadang masyarakat di desa tidak mau repot dengan melakukan pengecekan, sehingga mengambil langkah praktis dengan meminjam uang kepada koperasi yang biasanya menawarkan dari rumah ke rumah ini.

“Nantilah, kalau satgas sudah ada, kami akan tindak koperasi bodong ini, kasihan masyarakat kalau terjebak pada koperasi seperti ini,” tegas Elfiyena.(nov)

Related posts