Berani Mempelajari Bahasa Asing

  • Whatsapp

Oleh: Berlian Saputra
Mahasiswa FISIP UBB

Berlian Saputra

Bahasa asing atau yang dikenal dengan sebutan kerennya adalah Bahasa Internasional merupakan bahasa yang dipergunakan untuk saling berkomunikasi dalam melakukan sebuah aktivitas di kehidupan sehari-hari bagi seseorang yang berbeda negara. Dimanapun, kapanpun, siapapun pasti ingin mempelajari bahasa asing. Salah satunya Bahasa Inggris, yang menjadi bahasa pemersatu Negara-negara di dunia.
Kemampuan berbahasa asing akan menjadi modal besar bagi seseorang, untuk menapaki kehidupan masa kini dan masa mendatang. Sebab, penguasaan bahasa, ambil saja Bahasa Inggris, maka seseorang akan mampu menjelajahi seluruh dunia, apakah untuk kepentingan jalan-jalan semata, bisnis, pendidikan, atau aktivitas lainnya. Tanpa penguasaan terhadap bahasa Inggris, maka kita akan menjadi warga yang sulit berkomunikasi langsung dengan warga Negara asing.
Memang, mempelajari bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris, susah-susah gampang. Namun, ketika kita sudah mulai kenal dan meresapinya, maka hal itu akan menjadi mudah. Tetapi yang paling utamanya adalah membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam setiap percakapan. Tanpa disadari nantinya, perlahan-lahan kita akan bisa berbahasa asing tersebut.
Apa jadinya jika bahasa asing tidak dipergunakan dengan baik. Mungkin akan terjadinya persepsi berkepanjangan, yang berimbas pada kondisi negative di dunia, apakah itu terkait dengan keamanan, bisnis, pendidikan, dan hal-hal lainnya. Makanya, bahasa asing yang dijadikan bahasa pemersatu dalam hal ini bahasa Inggris, tak bisa dipandang sebelah mata. Namun, juga tidak terlalu diangung-agungkan. Paling tidak, kita mampu berbahasa asing minimal bahasa Inggris, karena ini sudah menjadi tuntutan zaman.

Kenapa hanya bahasa Inggris yang menjadi bahasa primadona sekaligus menjadi dambaan dan kebanggaan semua orang di dunia? Bahasa yang lainnya kemana? Kenapa tidak di pakai selain bahasa Inggris untuk menjadi bahasa pemersatu? Itu menjadi sebuah pertanyaan yang belum terjawab oleh penulis. Kemudian, Bahasa Perancis merupakan bahasa Internasional kedua, bahasa Italia merupakan bahasa Internasional ketiga dan bahasa Spanyol merupakan bahasa Internasional ke empat di dunia. Bahasa Spanyol contohnya yang banyak digunakan orang-orang di negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah, serta sebagian kepulauan Karibia yang merupakan para imigran-imigran yang menetap di benua tersebut. Bahasa ini, cukup populer di kalangan atas, menengah, dan bawah. Negara-negara di Amerika Selatan secara keseluruhan menggunakan bahasa Spanyol, kecuali Brazil, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.
Bahasa-bahasa dari 4 tersebut di ataslah yang banyak digunakan di negara-negara Eropa, Amerika, dan Afrika. Bahasa Belanda dan Prancis sulit di ucapkan oleh mulut, bahkan begitu sulit dan rumit untuk mempelajarinya. Selain itu, ada juga bahasa asing lainnya yang pengucapan juga cukup sulit, seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin (China), bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Rusia, dan masih banyak lagi.
Ingat!! menjadi familiarnya bahasa-bahasa yang ada di dunia, membuat kita menjadi lebih mudah bergabung dengan era globalisasi. Faktor globalisasi dapat melahirkan bahasa baru dalam budaya-budaya barat. Yang pastinya tidak ada hambatan-hambatan betapa pentingnya bahasa asing di kancah internasional, malahan menjadikan masyarakat menjadi modern dengan adanya bahasa asing yang begitu mendunia, dan tidak menutup kemungkinan bahasa asing yang banyak manfaatnya, serta dapat menambah khazanah wawasan ilmu pengetahuan tersendiri.
Kebanyakan orang asing saat ini, telah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa asing bagi warga dari Negara asing. Dengan penguasaan bahasa Indonesia, mereka tertarik tidak hanya untuk jalan-jalan menikmati keindahan alam Indononesia, bisnis, atau aktivitas lainnya, namun mereka malah tertarik untuk menetap di Indonesia. Apalagi mereka menilai orang Indonesia begitu ramah dalam menyambut para tamu asing.
Oleh karena itu, kita patut renungkan dan mulai membuka wawasan kedepan, dan harus berani untuk belajar menguasai bahasa asing, agar kita mampu bersaing di kancah internasional dalam berbagai bidang. Mempelajari bahasa asing harus dimulai sejak dini, sehingga ketika beranjak dewasa, bahasa asing tidak lagi menjadi barang baru, melainkan sudah menjadi kebutuhan dalam berinteraksi dengan warga Negara asing baik yang ada di Indonesia, maupun warga asing yang berada di Negara asalnya masing-masing.(****).

Related posts