Beltim Raih Nilai Tertinggi USBN SD/MI

  • Whatsapp

MANGGAR – Peraih nilai tertinggi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI se-Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah keluar. Dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), peraih nilai tertinggi diraih siswi dari Kabupaten Beltim atas nama Anggie Pratiwi.

Kepala Dinas Pendidikan Beltim, Amrizal mengatakan sistem pelaksanaan dan hasil USBN di Beltim sudah baik sesuai panduan dari provinsi dan pusat.

“Hasil USBN sudah ada, kategorinya sudah ada, dan lumayan baik. Sekarang banyak sekolah-sekolah yang sudah baik pelaksanaannya, baik ujian dan maupun nilainya. Nilainya ada yang berkategori A, B, C dan sebagian kecil prestasinya D,” ujar Amrizal, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, pembuatan soal USBN dilimpahkan ke kelompok kerja guru masing-masing daerah dengan bobot 25 persen soal dari pusat dan 75 persen soal-soal dari masing-masing daerah.

Dari hasil yang diterima pihaknya, siswa asal Beltim meraih nilai tertinggi untuk tingkat Provinsi Babel. Pihaknya berjanji akan memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi.

“Mereka yang punya nilai tertinggi dan prestasi terbaik akan diberikan penghargaan sehingga kedepannya mereka terpacu untuk lebih giat belajar,” kata Amrizal.

Sementara itu, Alvian selaku Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Beltim mengatakan jumlah pelajar yang mengikuti USBN se Beltim sebanyak 2.077 siswa.

Pihaknya sudah menerima hasilnya. Atas nama Anggie siswi dari SD Baptis Manggar meraih nilai tertinggi se-Provinsi Babel, yakni Bahasa Indonesia 96.0, Matematika 97.4 dan IPA 95.4 dan totalnya 288.8.

Anggie Pratiwie, siswi SD Baptis Manggar, peraih nilai tertinggi saat ditemui mengungkapkan rasa bangga bisa meraih nilai tertinggi.

“Tidak nyangka dapat nilai tertinggi. Saya banyak belajar dari guru-guru di sekolah dan orang tua yang motivasi saya untuk giat belajar,” ujar Anggie, anak kedua dari empat bersaudara ini.

Ia pun membagikan trik meraih nilai tertinggi yakni belajar dengan tekun dan menyenangi pelajaran yang disuka serta selalu berdoa.

Disisi lain, Kepala SD Baptis Manggar Paulus mengaku sangat bangga prestasi yang diraih siswanya dan berharap siswanya dapat sukses.

“Ini suatu kebanggaan kami dan motivasi kami untuk lebih giat lagi meningkatkan prestasi. Ia yakin seluruh anak-anak sekolah bisa meraih prestasi terbaik,” tutur Paulus. (yan/kmf/3)

Related posts