Beltim Fashion Carnaval Berhadiah Total Rp91,5 Juta

  • Whatsapp
Peserta kategori flora dan fauna membawakan tema “ikan cempedik” saat peragaan dalam ajang nasional Belitung Timur Fashion Carnaval (BTFC) tahun lalu.(foto: istimewa).

Akan Digelar 11-13 Oktober 2019

Manggar – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mulai membuka pendaftaran untuk ajang nasional Belitung Timur Fashion Carnaval (BTFC) VII tahun 2019. Kegiatan ini (BTFC-red) akan digelar 11 – 13 Oktober 2019 mendatang.

Ketua Pelaksana BTFC, Peranciscus Aprianto seizin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim, Evi Nardi mengungkapkan, ajang BTFC terdiri atas dua event yakni Batik Belitung Timur Fashion Show (BBTFS) dan Pelangi Warna-Warni Belitung Timur (PWWBT).

BBTFS akan digelar di Lapangan Segitiga Taman Kota Manggar, 11 dan 13 Oktober 2019, untuk malam BBTFS. Sedangkan PWWBT akan diselenggarakan di sepanjang jalan Sudirman hingga Pasar Manggar pada 12 Oktober 2019.

“Tahun ini, konsepnya kita kembalikan lagi namanya ke Pelangi Warna-Warni. Kita juga menambah jumlah hadiah untuk pemenang,” ungkap Peran Sabtu (7/9/2019).

Tahun 2019 ini, Panitia menyiapkan Beltim Fashion Carnaval berhadiah total mencapai Rp91,5 juta. Jumlah ini meningkat belasan juta dari ajang BTFC tahun 2018 lalu, yakni Rp 73 juta.

“Juara Pemenang I kategori Umum BBTFS kita naikkan menjadi Rp 5 juta untuk umum, Pelajar Rp 3 juta, dan Anak-Anak Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk Pelangi Warna-Warni dari Rp 10 juta meningkat jadi Rp 15 juta untuk Kategori Umum dan Rp 7,5 juta untuk kategori pelajar,” beber Peran.

Tahun 2019 ini pemenang kategori pria/ wanita BBTFS dihapuskan namun khusus di even PWWBT ditambah dengan Kategori Pelajar tanpa tema spesifik. Tujuannya agar peserta dapat lebih luas menampilkan kreatifitasnya.

“Kita tambah Kategori Pelajar di Pelangi Warna-Warni karena tidak mungkin pelajar dapat bersaing dengan umum. Kita memang tidak menentukan konsep tapi yang penting kreatifitasnya, unik, menarik dan penuh warna-warni,” kata Peran.

Yang Membedakan Fashion Show Batik

Tujuan utama ajang Belitung Timur Fashion Carnaval 2019 adalah meningkatkan promosi Pariwisata di Belitung Timur. Besarnya hadiah untuk pemenang diharapkan dapat meningkatkan minat peserta khususnya dari luar Kabupaten Beltim untuk turut berpartisipasi.

“Untuk mengajak peserta dari luar, nilai lebih yang kita berikan dari jumlah hadiah. Dengan banyaknya peserta dari luar yang datang, setidaknya mereka juga akan menjadi duta promosi kita sekembalinya dari sini,” ungkap Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Peranciscus Aprianto.

Diakuinya, ajang serupa seperti BTFC cukup banyak di daerah lain, namun yang membedakannya adalah adanya Fashion Show Batik. Di mana even ini lebih mengusung produk ekonomi kreatif lokal, seperti Batik De Simpor, Mangrove dan Rebunding.

“Kita selipkan Fashion Show Batik itu, untuk mengangkat produk ekonomi kreatif kita. Biar promosi dan penjualan produk batik De Simpor, Mangrove dan Rebunding ikut meningkat,” harap Peran.

Dalam ajang Pelangi Warna-Warni Belitung Timur sebelumnya, pemenang banyak didominasi oleh peserta luar daerah. Meski begitu, Peran ingin agar peserta lokal asal Kabupaten Beltim juga turut berpartisipasi dan berani bersaing.

“Masyarakat Beltim juga jangan takut bersaing dengan peserta-peserta dari luar. Ayo ikut, dan tunjukkan kreatifitasnya,” ajak Peran.

Hingga Jum’at (6/9/2019) lalu, tercatat setidaknya sudah 48 orang yang mendaftar untuk mengikuti BTFC. Walau tidak menargetkan jumlah peserta secara spesifik, namun diharapkan perserta akan membludak. (yan/kmf/3).

Related posts