Belinyu Karang Lintang Festival Keberhasilan Angkat Budaya

  • Whatsapp

Gubernur Tutup Belinyu Karang Lintang Festival 2019

 

BELINYU – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didampingi Ketua Penggerak TPP. PKK Babel, Melati Erzaldi, Minggu (27/10/2019) pagi, menutup Belinyu Karang Lintang Festival 2019 di Pantai Lepar, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Penutupan kegiatan itu, diawali dengan Senam Bedincak oleh Gubernur dan Ketua TP PKK Babel, bersama Pengunjung Festival yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi memberikan apresiasi kepada para Panitia Festival, dimana para pengunjung juga ramai yang datang.

“Begitu juga kepada kreator Senam Bedincak yang telah terus memviralkan Senam Bedincak. Tinggal tunggu waktu saja, kita akan pecahkan Rekor MURI, kemudian akan tampil di Malioboro Yogyakarta tahun depan,” ungkap Gubernur.

Kepada Penyelenggara Gubernur ingin kualitas Festival ditingkatkan lagi. “Kita akan memaksimalkan destinasi ini, dan kita juga akan tampilkan kuliner di daerah ini,” kata Gubernur.

Melihat kondisi kawasan Pantai Lebar, Gubernur berharap Pantai Lepar terus dilakukan penataan sedemikian rupa, dan segera bekerja dari sekarang.

“Saya minta Bakau segera direhabilitasi. Nanti, saya akan beri bibit sebanyak 3000 batang, dan kawasan Karang Lintang akan saya tambah 10.000 bibit kepiting bakau dengan 1 tahun sudah bisa dikonsumsi. Buatlah pula kawasan ini, bebas plastik, karena kondisi itu sangat disukai wisatawan dari luar negeri. Apabila tempat ini baik, sudah tentu akan menjadi kebanggaan masyarakat Belinyu dan Bangka,” ujar Erzaldi.

Lebih jauh dikatakan Gubernur, setiap hari akan ada event. Untuk itu, Erzaldi minta ditargetkan pada tahun 2020 daerah ini sudah berkembang. Ke depan, tantangannya untuk memelihara lingkungan di Babel. “Maka, saya tantang untuk bebas plastik,” tambah Erzaldi.

Menurut Erzaldi, Belinyu Karang Lintang Festival adalah satu keberhasilan mengangkat adat budaya. “Seiring waktu mulai redup, maka kita angkat kembali adat kita. Mari kita bersama- sama untuk bergerak mengembangkan pariwisata. Saya harap lebih profesional lagi, dan jangan takut untuk menarik retribusi, karena itulah bagian dari pembinaan disini,” sambung Erzaldi.

Ketua Pelaksana Belinyu Karang Lintang Festival 2019, Rizan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi, yang telah bersedia hadir menutup kegiatan ini, dan terus mendukung dan memberikan pembinaan untuk pengembangan kawasan wisata baru di Kabupaten Bangka ini.

Penutupan Belinyu Karang Lintang Festival yang juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Babel, Rivai, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi, Marwan, Kepala DLH Babel, Eko, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, dan unsur terkait lainnya itu, diakhiri dengan permainan tradisional Ketapel antara Gubernur Erzaldi dengan Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, dipinggir Pantai, foto bersama dan santap siang bersama di rumah adat daerah setempat.(rell/3).

Related posts