Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Bea Cukai Pangkalpinang Patroli Bersama Ditpolairud Polda Babel

KPPBC Tipe Madya Pabean C Kota Pangkalpinang melaksanakan patroli rutin bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Babel.(foto: bambang).
KPPBC Tipe Madya Pabean C Kota Pangkalpinang melaksanakan patroli rutin bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Babel.(foto: bambang).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan patroli rutin bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Babel.

Patroli bersama dua institusi ini yang dimulai dari Dermaga Ditpolairud di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Selasa (2/3/2021).

Dengan menggunakan Kapal Patroli Customs BC 15005 dan Kapal Patroli Korpolairud KP RIB XXVIII-1008 dan Korpolairud KP RIB XXVIII-1006, petugas patroli bersama ini juga dipersenjatai laras panjang.

Patroli bersama BC dan Ditpolairud ini dalam rangka pengamanan dan pencegahan barang-barang ilegal yang masuk melalui kawasan Perairan Babel. 

Kasi Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Pangkalpinang, Imam Supriadi mengatakan, patroli bersama ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara BC dan Ditpolairud dalam rangka untuk mengamankan hak-hak keuangan negara dan ketertiban umum di wilayah perairan ini.

"Patroli pagi hari ini untuk mencegah peredaran narkoba, juga pengawasan ekspor impor dan segala macam ketidaktertiban atau pelanggaran yang mungkin terjadi diperairan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin kami," ujarnya.

Ia menjelaskan patroli dengan menggandeng Ditpolairud ini selain agenda rutin, juga sebagai tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara Bea Cukai dan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri). 

Kerjasama Bea Cukai dan Polri ini terkait peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pada Senin (24/8) silam.

“Sebenarnya, dari dulu ini sudah berjalan dan bukan kali pertama. Disamping itu, Bea Cukai dan Baharkam sudah ada kerjasama," kata Imam.

Kedepan, Eks Kasi Perbendaharaan BC Jambi ini berharap patroli bersama ini bukan menjadi yang terakhir kali dan sinergi akan bisa ditambah dengan instansi lain serta komunitas yang ada di laut.

Senada juga diakui oleh Kasatrol Ditpolairud Polda Babel AKBP Andreas Purwanto yang didampingi Kasubdit Gakkum AKBP Toni Sanjaka bahwasanya patroli bersama ini sebagai ajang bertukar informasi.

"Tentunya, ini memang kegiatan Kepolisian Perairan. Dengan adanya sinergitas ini, kita berharap dari masing-masing instansi bisa saling sharing sehingga dalam melaksanakan tugas kenegaraan bisa menjadi acuan agar lebih baik lagi," kata AKBP Andreas.

Selain itu, menurutnya, ini juga sebagai wujud implementasi Baharkam Polri dan Bea Cukai yang secara rutin ditindaklanjuti.

"Patroli yang intensitasnya ini bisa kita tingkatkan dan bisa memberikan dampak baik bagi nelayan maupun pekerja di lautan. Kita berharap pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Lebih lanjut Kasatrol menambahkan, strategi khusus yang digunakan Ditpolairud mencegah kejahatan yang ada diperairan Babel dengan tindakan preventif maupun penegakan hukum. (bis)

 

Diatas Footer
Light Dark