by

BD Sabu Melawan Hendak Ditangkap

-NEWS-316 views
Kapolsek Jebus AKP Andi Purwanto, menginterogasi tersangka berikut menunjukkan barang bukti senpi dan paket besar sabu milik Su. (foto: Hendra Irawan)

Tidak Terima Rumahnya Digeledah
Polisi Temukan Paket Besar Sabu & Senpi

JEBUS – Seorang pengedar narkoba tak berkutik lagi ketika polisi berhasil menemukan barang bukti paket sabu besar dan kepemilikan senjata api illegal miliknya.
Alhasil, Su alias Di (36 tahun) warga Penganak Desa Air Gantang Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat digelandang jajaran Polsek Jebus berikut barang bukti.
Upaya pihak Polsek Jebus dalam mengungkap kasus peredaran narkoba di wilayah hukumnya tidaklah mudah. Bermula dari laporan masyarakat, polisi tidak langsung bertindak namun melakukan pengintaian terlebih dahulu terhadap pelaku.
Saat dilakukan penggerebakan, Su melakukan perlawanan dengan membantah tuduhan terhadap dirinya. Kemudian anggota Polsek Jebus memanggil pihak dari desa beserta RT untuk melakukan penggeledahan di rumah dan sekitar halaman rumah Su.
Setelah kurang dari 1 jam polisi mendapati Senpi di dalam mobil pelaku yang diletakkan dibawah dashboard setir mobil minibus warna hitam Livina BN 1855 PR, beserta 1 butir amunisi yang sudah digunakan dan 3 butir amunisi masih aktif. Selanjutnya penggeledahan di rumah pelaku ditemukan bong bekas pakai dan amunisi aktif sebanyak 15 butir.
Kemudian dilanjutkan kembali penggeledahan di sekitar rumah pelaku yang kembali ditemukan 1 paket besar narkotika jenis sabu-sabu disimpan di botol rexona dalam tas biru kecil dekat pohon pisang.
Kapolsek Jebus AKP Andi Purwanto, S.I.K., seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto, S.H, S.IK, M,Si menjelaskan pelaku dan barang bukti kemudian diamankan ke Mapolsek Jebus guna penyidikan lebih lanjut.

“Identitas pelaku yakni Di alias Su alias Di (36) warga Penganak Desa Air Gantang. Dari pelaku petugas menyita barang bukti 1 paket besar sabu-sabu; 1 buah bong serta pirex, 1 unit senpi beserta 18 butir amunisi aktif, 1 butir selongsong dan 1 (satu) unit mobil minibus warna hitam merk Livina BN 1855 PR,” tandas Andi.
*Residivis Pembobol ATM
Terpisah, satuan Reserse Narkoba Polres Bangka Selatan juga kembali berhasil mengamankan Suhaili (33) warga Suka Damai, Rabu (12/9/2018) sekira pukul 18.30 Wib. Residivis kasus curas pembobol ATM Bank SumselBabel Toboali ditangkap lantaran menyimpan narkotika jenis sabu.
Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono melalui Kabag Ops Polres, Kompol Elrichson Pasaribu mengungkapkan pelaku ini sempat ditahan selama 1 Tahun 2 Bulan di Lapas Bukit Semut Sungailiat karena aksi curasnya pada tahun 2010 lalu.
Menurutnya, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan masyarakat yang menyebutkan bahwa rumah pelaku ini sering digunakan sebagai tempat transaksi narkoba. Anggota Sat Resnarkoba langsung turun melakukan penyelidikan.
“Setelah mendapatkan informasi pasti, tepat pukul 18.30 WIB Anggota Satresnarkoba langsung melakukan penggrebekan di rumah pelaku didampingi oleh ketua RT setempat, ” Kata Elrichson di Toboali, Kamis (13/9/2018).
Ia mengatakan dari hasil penggerebekan ini, Anggota Sat Resnarkoba Polres Bangka Selatan berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 paket kecil narkoba jenis sabu dengan berat bruto 0,11 gram yang diselipkan di dalam sebuah kursi.
Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti lainnya berupa dua buah plastik klip yang diduga bekas serbuk sabu serta beberapa bukti pendukung lainnya.
“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamanankan ke Mapolres Bangka Selatan guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya pelaku diduga melanggar Pasal 114 (1) sub Pasal 112 (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling lama 20 tahun,” tandas Kabag Ops. (raw/6)

Comment

BERITA TERBARU