by

Baznas Bangka Catat Penerimaan Zakat Rp1,3 M

Pemda Akan Launching Infak Milenial

Sungailiat- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Nasir Hasan mengatakan realisasi penerimaan zakat sudah mencapai Rp1,3 miliar dari target yang ditetapkan yakni Rp1,9 miliar.

“Kita berusaha agar yang punya kewajiban membayar zakat harta maupun gaji dan hasil perkebunan jika sampai ke nisabnya harus bayar zakat. Ini sesuai syariat Islam,” kata Nasir usai audiensi dengan Bupati Bangka, Rabu (10/10/2018) di Kantor Bupati Bangka.

Nasir mengatakan untuk masyarakat yang memiliki gaji minimal Rp 3.600.000 harus membayar zakat untuk fakir miskin.

Dia menilai, dinas-dinas sudah baik dalam membayar zakat namun masih kurang sentuhan sehingga belum seluruhnya membayar kewajiban zakat ke Baznas.

“Kita menyayangkan pegawai di dinas yang membayar zakat ke Baznas hanya pimpinannya saja, sedangkan yang lainnya belum,” katanya.

Terkait audiensi dengan bupati, kata Nasir, untuk mendapatkan masukan dan dukungan bupati dalam rangka melaksanakan kegiatan operasional untuk mengumpulkan zakat dan memberikannya kepada yang kurang mampu.

Sementara itu Bupati Bangka, Mulkan akan melaunching program baru untuk mempermudah masyarakat menyalurkan infak sedekah melalui program Infak Milenial yang bekerjasama dengan salah satu perbankan.

‘”Insya Allah pada tanggal 17 Oktober nanti kita melaunching program Infak Milenial yang bekerjasama dengan perbankan,’’ungkap Mulkan.

Dengan adanya program ini masyarakat yang berinfak dipermudah, hanya dengan handphone dan rekening bank maka akan mudah menyalurkan infak sedekah dan akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Dia juga akan membuat surat edaran untuk kewajiban menyalurkan zakat melalui Baznas Kabupaten Bangka untuk para pegawai di lingkungan Pemda Bangka.

“Kita sangat merespon positif kegiatan Baznas Bangka dan akan mengedarkan kewajiban membayar zakat ke seluruh pegawai tidak hanya kepala dinas saja,”tegas Mulkan. (snt/10)

Comment

BERITA TERBARU