by

Baznas Bangka Baru Kumpulkan Zakat Rp666 Juta

-Bangka-40 views

2018, Ditarget Rp1,9 M

SUNGAILIAT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka hingga saat ini sudah menghimpun dana zakat dari masyarakat sebesar Rp 666 juta. Tahun ini, Baznas ditargetkan mampu mengumpulkan zakat sebesar Rp1,9 miliar.

“Tahun kemarin target kita Rp 1,5 miliar. Tugas kami dari bupati pada tahun 2016 ditetapkan target Rp 1,2 miliar, 2017 ditargetkan Rp 1,5 miliar dan tahun ini kami harus mampu mengumpulkan zakat sekitar Rp 1,9 miliar,” kata Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Nasir Hasan, Kamis (24/5/2018).

Dia mengajak masyarakat untuk membayar zakat maal atau zakat harta bagi yang sudah kena batas nisabnya yaitu Rp 50.383.000. Sesuai pasal 38 UU Nomor 23 Tahun 2011, siapapun yang menerima zakat tidak bisa menyalurkan zakat kecuali mendapatkan izin dari yang berwenang.

Sanksinya, kata mantan Asisten Setda Bangka ini yaitu kurungan satu tahun atau denda Rp 50 juta. Aturan ini, tegasnya, berlaku di seluruh Indonesia.

“Kita semaksimal mungkin mengikuti itu. Silahkan distribusi tapi tolong dicatat, dilaporkan ke baznas. Nanti kami sampaikan laporan ke pusat, berapa yang dapat zakat fitrah maupun zakat maal, muzaki dan mustahiqnya siapa. Supaya jelas. Agar ada pemerataan. Duit kumpul ke Baznas, Baznas akan membagi ke seluruh Kabupaten Bangka,” ujarnya.

Lebih lanjut Nasir menuturkan, pada bulan puasa, Baznas akan menyalurkan sebanyak 2000 paket dengan nominal Rp 350 ribu per orang. “Mustahiq, data penerimanya kita peroleh dari pemda. Duit zakat nanti akan kami sampaikan ke yang berhak. Yang kita prioritaskan fakir miskin,” jelasnya.

“Serahkan dulu duitnya ke kami, nanti kami serahkan ke orang yang dimaksud. Agar masuk ke catatan Baznas, agar resmi. Ini sama dengan kompilasi hukum Islam tentang nikah. Menurut hukum Islam nikah secara agama sah tapi tidak diakui negara karena tidak sesuai UU,” bebernya.

Menurutnya, potensi zakat ini banyak kalau orang beragama Islam mau membayar zakat cuma banyak orang tidak serius menanggapi ketentuan rukun Islam ketiga ini. (snt/10)

Comment

BERITA TERBARU