Bayar Tunggakan Jasa Medik, Walikota Pinjam Uang ke BSB

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Persoalan belum terbayarnya tunggakan gaji tenaga kesehatan medik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang membuat Walikota Maulan Aklil mengambil langkah tegas.
Molen, sapaan Walikota Pangkalpinang ini menemui pihak RSUD, Selasa (12/3/2019) untuk mencari solusi belum dibayarnya tunggakan jasa medik tersebut. Menurutnya, jasa medik para dokter itu harus dibayarkan. Karena itu ada upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang dibawah komandonya untuk menyelesaikan masalah ini.
“Kita ingin menyelesaikan permasalahan yang ada di RSUD ini, terkait jasa medik para dokter kita dalam tenaga kesehatan yang belum dibayar, hampir satu tahun ini belum dibayar. Kasihan sama mereka. Oleh sebab itu, ini harus kita cari solusi terbaik,” tegas Molen.
Walikota tak menyebutkan jumlah tunggakan manajemen RSUD kepada para petugas medis itu. Namun ditaksir tunggakan tersebut mencapai angka kurang dari tiga miliar rupiah.
“Belum dihitung secara detail besarannya. Yang jelas mungkin kurang lebih dari 3 miliar rupiah. Solusinya hari ini kita adakan rapat,” jelasnya.
Langkah yang kemungkinan akan diambil Pemkot kata Molen adalah meminjam dana talangan dari Bank Sumsel Babel.
“Tapi lihat dulu, kita akan benahi dulu sistem informasi menejemen rumah sakit ini terkait dari pelaporan jasa medik ini berapa besarannya, data-datanya beberapa, tagihan ke BPJS nya berapa. baru kita bisa menyelesaikannya. Target kita bulan ini harus selesai,” tukasnya.
Soal penyebab tertunggaknya jasa medic ini, Molen mengatakan tidak mau menyalahkan dan dirinya akan melakukan audit internal untuk memastikan permasalahan ini.
“Saya gak mau bicara yang telah berlalu, saya tugasnya menyelesaikan yang sekarang. Saya tidak mau mengatakan ini ada oknum ataupun yang salah disini sebelum kita melihat audit internal ini dulu. Karena kita tidak bisa memastikan apakah ini betul atau tidak, tetapi yang pasti hari ini kita mencarikan solusinya bukan mencari salahnya. Intinya begini saya tidak mencari kesalahan ke belakang, saya ingin menyelesaikan masalahnya,” tukas dia. (bum/1)

Related posts