Bayar Pajak Kendaraan Cukup 2 Menit

  • Whatsapp
Kapolres Beltim dan Istri, saat melakukan pengguntingan pita, tanda loket khusus samsat telah diresmikan.(foto: ist).

Tidak Perlu Bawa Foto Copy KTP, STNK & BPKB

MANGGAR – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Wilayah Belitung Timur (Beltim) meresmikan Loket Khusus di Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Beltim.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres Beltim, AKBP. Erwin Siboro dan Ketua Bhayangkari Beltim Martha Siboro, Selasa (5/3/2019).

Dengan adanya loket khusus ini, pembayaran pajak kendaraan jadi jauh lebih mudah dan cepat. Pembayar hanya perlu mendatangi satu loket dan tidak perlu membawa foto copy KTP, STNK serta BPKB.

Dalam simulasi uji coba, wajib pajak hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 menit. Begitu nomor antrian dipanggil, wajib pajak tinggal menuju ke loket khusus yang sudah disiapkan, cukup memperlihatkan KTP elektronik dan STNK asli dan langsung membayar di loket tersebut.

“Inovasi terobosan yang baik ini, harusnya dari dulu. Kita sangat terbantu, sekarang jauh lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan,” beber salah seorang wajib pajak, Yerri Chandra Pratama (21) saat dimintai kesaksiannya terhadap Loket Khusus Samsat Beltim.

Warga Desa Burung Mandi Kecamatan Damar itu mengungkapkan biasanya ia harus menghabiskan waktu kurang lebih satu setengah hingga dua jam untuk membayar pajak perpanjangan STNK. Namun, dengan adanya loket khusus waktu yang dipangkas menjadi dua menit.

“Nyaman sekarang, dak susah antri lagi. Dulu kan mesti daftar dulu, cek STNK dulu, terus ke loket pembayaran tunggu lagi, banyak dan ribet,” kenang Yerri.

Kepala UPT Bakuda Samsat Beltim, Alexander Ihsan mengungkapkan penerapan Loket Khusus ini masih terbilang baru. Samsat Beltim merupakan yang ke dua se-Provinsi Kepuluan Babel yang menerapkan pelayanan loket khusus.

“Kalau di Pulau Belitung kita yang pertama menerapkan pelayanan ini. UPT Tanjungpandan (Belitung) belum, dari Kabupaten Bangka Barat juga kemarin studi banding ke sini,” ungkap Alex.

Alex mengatakan, loket khusus merupakan inovasi yang dikerjakan dari Polres Beltim dan UPT Bakuda Provinsi Wilayah Beltim untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Ia berharap dengan adanya kemudahan ini masyarakat akan lebih antusias untuk membayarkan pajak kendaraannya.

“Dengan loket khusus ini harusnya calo hilang dan masyarakat bayar sendiri. Insyallah dengan adanya kemudahan ini kita berharap minat masyarakat untuk membayarkan pajak kendaraan bertambah,” harap Alex.

Apresiasi atas Loket Khusus

Bupati Beltim, Yuslih Ihza melalui Sekretaris Daerah Ikhwan Fahrozi menyampaikan apresisasi dan ucapan terima kasih atas disediakannya loket khusus. Diharapkan adanya loket khusus dapat memperlancar stabilitas pembayan pajak kendaraan yang ada di Kabupaten Beltim.

“Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal 4 huruf k: ketepatan waktu dan huruf l: kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan. Maka dari itu perlulah kita meningkatkan kualitas pelayanan publik demi memberikan kenyaman kepada masyarakat,” kata Ikhwan.

Sekda mengimbau ke depan akan ada terobosan lainnya seperti pembayaran pajak dengan menggunakan e-money atau tanpa uang tunai, sehingga akan lebih memudahkan transaksi masyarakat dan mengeliminir pungutan liar.

“Saya berharap ke depannya pembaharuan system terus dilakukan guna membuat birokrasi menjadi lebih cepat, mudah dan murah. Teruslah melakuakn inovasi untuk kemajuan pembangunan daerah,” pesannya.

Hal sama juga diungkapkan Kapolres Beltim Beltim, AKBP. Erwin Siboro. Dengan adanya loket khusus antri di Samsat bisa jauh berkurang.

“Kalau kemarin kita lihat banyak yang antri di sini, sekarang pemandangan itu akan jauh berkurang. Masyarakat yang datang ke sini pun tidak akan kelamaan menunggu,” ujar Erwin.

Loket khusus hanya diperuntukkan untuk pembayaran pajak STNK. Untuk pergantian STNK, plat, atau balik nama tetap dilakukan di loket biasa. (yan/kmf/3)

Related posts