Bawaslu Segera Kerucutkan Calon Panwas

No comment 214 views


Agustus Panwas Terpilih Ditetapkan

PANGKALPINANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera mengerucutkan calon Panwas kabupaten/kota. Hari ini, Kamis (27/7/2017), Bawaslu rencananya segera melakukan pleno menetapkan jadwal fit and Proper Test terhadap 42 calon Panwas.

“Baru besok (hari ini-red) mau pleno, soal penjadwalan fit and Proper Test,”kata anggota Bawaslu Babel Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Zul Terry Apsupi, di ruang kerjanya, Rabu (26/7/2017).

Ia pun menyebutkan, diawal Agustus dimungkinkan tiga nama Panwas terpilih sudah ditetapkan. Kendati demikian, guna menetapkan Panwas kabupaten/kota ada yang berbeda dibandingkan dengan undang-undang nomor 15 tahun 2011.

Menurutnya ada kewenangan Bawaslu RI terhadap Panwas kabupaten/kota, yang sebelumnya hanya dibebankan kepada Bawaslu provinsi saja. Berdasarkan pasal 79 huruf h RUU Pemilu yaitu membentuk Bawaslu provinsi, Bawaslu kabupaten/kota dan Panwaslu luar negeri.

“Sedangkan huruf i berbunyi mengangkat, membina dan memberhentikan anggota Bawaslu provinsi, anggota Bawaslu kabupaten/kota dan anggota Panwaslu LN. Jadi dimungkinkan bukan hanya kami saja yang menetapkan Panwas, namun juga ada kewenangan Bawaslu RI,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Timsel (Tim Seleksi) Panwas Kabupaten/Kota, Iskandar Zulkarnain ketika ditemui di sekretariat Timsel menyampaikan, 99 persen kinerja Timsel sudah selesai dengan menyerahkan enam nama kepada Bawaslu Babel.

“Satu persennya menyiapkan laporan pertanggungjawaban Timsel kepada Bawaslu provinsi. Alhamdullillah sudah selesai. In Shaa Allah tidak ada titipan dan itu semuanya murni,” ujarnya. (ron/10)

No Response

Leave a reply "Bawaslu Segera Kerucutkan Calon Panwas"