Bawaslu Pangkalpinang Bentuk Relawan Pengawas Partisipatif

  • Whatsapp

PANGKALPINANG -Bawaslu Kota Pangkalpinang akan membentuk relawan pengawas partisipatif untuk mewujudkan partisipatif dan berintegritas dalam Pemilu 2019. Relawan ini nantinya akan melibatkan berbagai elemen masyarakat dari kalangan muda seperti organisasi kepemudaan, komunitas dan kelompok kerja (pokja) di lingkungan Kota Pangkalpinang.

Hal itu seperti disampaikan Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Pangkalpinang Luksin Siagian kepada wartawan, Senin (28/1/2019).”Kita akan ada pembentukan relawan pengawasan partisipatif dari ormas, komunitas, yang berusia 17 sampai 24 atau dibawah 25 tahun. Mereka akan diberi pembinaan, akan dibuat kerja sama antara kelompok dalam rangka pengawasan partisipatif,” ujar Luksin.

Mereka yang tergabung dalam relawan pengawasan partisipatif, lanjut dia, bertujuan untuk mendukung upaya Bawaslu dalam mengawasi tahapan kampanye, masa tenang, hingga rekapitulasi nanti. “Relawan pengawas partisipatif ini akan mengawasi semua tahapan Pemilu 2019. Mengenai target jumlahnya saat ini sejumlah 529 TPS (Tempat Pemungutan Suara),” imbuhnya.

Luksin mengharapkan dengan adanya relawan pengawas partisipatif ini, pelaksanaan Pemilu 2019 menjadi berintegritas. “Dari provinsi sudah ada ada Gempar, kemarin sudah ada forum warga. Nah sekarang sudah mendekati hari H, kita libatkan keikutsertaan masyarakat, baik pemuda, pemula, kelompok ormas saling mendukung jalan pemilu 2019,” tandasnya. (ron/10)

Related posts