by

Bawaslu Minta Peran Serta dalam Pengawasan

Rakor Bersama Stakeholder

PANGKALPINANG – Bawaslu Bangka Belitung, Kamis (7/12/2017), menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder. Dalam giat ini, kembali diharapkan peran serta stakeholder dalam Pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Kegiatan yang efektif kita lakukan, mencari masukan stakeholder, sosialisasi kepada masyarakat umum. Bentuk sosialisasi pencegahan dan diharapkan dari kegiatan ini peserta dari masing-masing lembaga menyampaikan kembali ke masyarakat peran Bawaslu dalam pengawasan,” ujar Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan.

Dalam hal ini juga, diharapkan para stakeholder serta masyarakat dapat ikut mengambil peran dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu.

“Kita harapkan juga dapat memberikan pemahaman terhadap pengawasan itu sendiri kepada peserta. Dan kita juga ingin menumbuhkan komitmen bersama dalam hal pengawasan. Bukan hanya tanggungjawab kelembagaan Bawaslu dan tidak hanya disandarkan ke Bawaslu, tapi juga menjadi tanggungjawab bersama elemen masyarakat,” jelasnya.

“Fokus utama kita peran serta stakeholder dalam penyelenggaraan Pilkada. Dibeberapa kasus, ketika masyarakat menyampaikan laporan ke panwas mereka justru menarik kembali. Sehingga keterlibatan masyarakat dalam pengawasan menjadi pasif,” katanya. (ron/10)

Comment

BERITA TERBARU