Bawaslu Launching Pojok Pengawasan Pemilu

No comment 129 views

Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, M. Afifuddin bersama Komisioner Bawaslu Babel saat launching Pojok Pengawasan Pemilu, Rabu (6/12/2017).(foto:Roni Bayu)

Afifuddin :Tantangan ada di Daerah Perbatasan

PANGKALPINANG – Bawaslu Bangka Belitung (Babel) melaunching Pojok Pengawasan Pemilu, Rabu (6/12/2017). Hadir Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, M. Afifuddin yang meresmikan pojok pengawasan itu.

Diharapkan program ini dapat menjadi tempat yang berguna bagi masyarakat Babel dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pengawasan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan dalam sambutannya. Di pojok pengawasan pemilu itu dapat dimanfaatkan untuk publik.

“Disana nanti masyarakat ataupun yang ingin berkecimpung langsung terhadap pengawasan dapat kesini (pojok pengawasan-red). Dapat mencari tahu apa yang kita lakukan baik terkait kegiatannya. Berguna bagi masyarakat pembelajaran partisipasi pengawasan oleh Bawaslu,”ungkapnya.

Diharapkan, pojok pengawasan ini setelah di resmikan oleh Bawaslu RI, dalam kesederhanaanya bisa memberikan informasi, pengetahuan bagi masyarakat Babel. “Semoga dapat digunakan seefektif mungkin. Program Bawaslu dalam rangka mensosialisasikan kinerja Bawaslu, kemarin hari ini dan kedepan,”jelasnya lagi.

“Semoga juga dapat menjadi tempat yang baik bagi rekan media, mahasiswa menjadikan pojok ini sebagai sumber pembelajaran pengawasan Pilkada, Pileg dan Pilpres,”tutupnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, M Afifuddin pertama kali kunjungan ke Babel setelah dilantik sebagai komisioner Bawaslu RI. Pojok pengawasan ini merupakan keinginan Bawaslu untuk meningkatkan pengawasan dengan masyarakat.

“Disini kita ingin ada obrolan ringan, buku-buku hasil pengawasan, kajian pengawasan dan pengetahuan lain. Diharapkan kedepan kabupaten/kota juga ada titik untuk dengan masyarakat,”urainya.

Diharapkan dengan pojok pengawasan ini, Bawaslu semakin dekat dengan masyarakat. Kedepan Panwas kab/kota akan dipermanenkan lima tahun dapat mendirikan pojok pengawasan serupa.

“Makanya, harus diimbangi dengan penguatan kelembagaan. Inisiatif dan serangkaian aktifitas,” katanya.

Dia menambahkan tantangan terhadap penyelenggara soal mengupdate daftar pemilih di daerah perbatasan. Ada daftar pemilih di perbatasan tinggal disitu tapi KTP diluar situ sering di daerah perbatasan.

Hal ini untuk jadi perhatian bagi pemilih dan melibatkan pengawas.

“Karena titik perbatasan ini menjadi titik tidak terperhatikan karena jarak jauh dan pinggiran.

Kita harus menjadi prioritas kita di perbatasan mendapatkan hak yang sama dengan yang di perkotaan atau daerah yang biasa,” katanya. (ron/10)

No Response

Leave a reply "Bawaslu Launching Pojok Pengawasan Pemilu"