by

Bawaslu Gelar Bimtek Pengawasan Pelanggaran Pemilu 2019

-Politik-117 views


PANGKALAN BARU – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Panwslu Kecamatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Grand Vella Hotel Pangkalan Baru pada tanggal 07-09 September 2018.

Acara pembukaan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto pada Jum’at (7/9/2018) pekan kemarin. Yang menjadi peserta adalah Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan serta Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan se- Bangka Tengah.

Adapun narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini yaitu Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan serta Kasubang Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yaumil Ikrom, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah serta Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini, dilakukan untuk memberikan bimbingan teknis terkait pengisian dan juga pemaparan terkait peningkatan SDM, teknis pengawasan, penanganan pelanggaran, teknis pengisian form pengawasan serta form terkait temuan ataupun laporan dugaan pelanggaran agar kedepannya diharapkan seluruh Panwaslu Kecamatan dapat lebih handal dalam menangani setiap dugaan pelanggaran.

“Tahapan kampanye akan dimulai tanggal 23 September 2018 mendatang, pastinya akan banyak bermunculan dugaan pelanggaran. Untuk itu kami memberikan bimbingan teknis terkait pengawasan serta penanganan pelanggaran sebagai persiapan untuk mengawasi pemilu 2019 mendatang,” ujar Ketua Bawaslu Bateng Robianto.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Babel menyambut baik dilaksanakannya bimtek ini. Ia pun mengapresiasi dan memberikan semangat kepada Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Bangka Tengah agar lebih mempersiapkan diri karena sesuai dengan Perbawaslu Nomor 7 tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum sudah mengamanatkan tugas kepada Panwaslu Kecamatan terkait penanganan Pelanggaran.

Dalam bimtek ini juga Kasubag Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Yaumil Ikrom beserta Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah memberikan simulasi penanganan laporan dan temuan dugaan pelanggaran dengan bentuk diskusi serta simulasi klarifikasi.

“Tahapan klarifikasi memang sangat penting untuk disimulasikan agar kedepannya bisa menjadi gambaran jika nanti akan ditemukan dugaan temuan ataupun laporan pelanggaran pemilu,” ungkapnya.

Dalam acara penutupan Bimbingan Teknis ini pada Minggu (9/9/2018) kemarin, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah memberikan penghargaan kepada tiga orang peserta terbaik, berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Ketiga orang terbaik tersebut antara lain Terbaik I Rahmat Ramdhani dari Panwaslu Kecamatan Namang, Terbaik II Joni dari Panwaslu Kecamatan Pangkalan Baru dan Terbaik III Ariyandi dari Panwaslu Kecamatan Lubuk Besar. (ran/rell/3).

Comment

BERITA TERBARU