Bawaslu Bateng Terima 2.508 Data Saksi

  • Whatsapp

KOBA – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) saat ini sudah menerima sebanyak 2.508 data saksi yang dilaporkan partai politik dan peserta Pemilu Serentak 2019.
“Kami sudah menerima sebanyak 2.508 data saksi dari partai politik peserta pemilu dari total 8.586 jumlah saksi Pemilu Serentak pada 17 April 2019,” ujar Ketua Bawaslu Bateng, Robianto kepada wartawan, Rabu (10/04/2019).
Dikatakannya, partai politik peserta pemilu diharapkan melapor dan menyerahkan data jumlah saksi karena para saksi itu akan mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan pihak Bawaslu sebelum menjalankan tugasnya.
“Sebanyak 8.586 saksi itu merupakan saksi dari partai politik dan saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden,” ucapnya.
Diungkapkan Robi, bimbingan teknis terhadap saksi ini sudah menjadi program dari Bawaslu Bangka Tengah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman saksi tentang tugas pokoknya.
“Ini sangat penting agar para saksi punya pemahaman yang sama saat bersaksi di TPS dan saat penghitungan akhir perolehan suara,” tuturnya.
Mantan wartawan ini menambahkan, data para saksi penting bagi Bawaslu juga untuk memudahkan melakukan pengawasan dan sama-sama berpartisipasi dalam menyukseskan pesta demokrasi.
“Pengawasan dilakukan secara menyeluruh pada beberapa titik yang melibatkan masyarakat sebagai pengawas partisipatif,” tukasnya. (ran/1)

Related posts