Bawaslu Basel Petakan Potensi Pelanggaran Pemilu

  • Whatsapp
Sahirin Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan memberikan arahan dalam pembukaan Bimtek Pengawasan Pungut Hitung, yang berlangsung Sabtu (9/3/2019) ini, di Hotel Grand Marina Toboali.(foto: dedi)

Gelar Bimtek Pengawasan Pungut Hitung

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pungut Hitung. Bimtek pada Sabtu (9/3/2019) ini, dilaksanakan selama dua hari, 9 -10 Maret 2019.

Pembukaan Bimtek bertempat di Hotel Grand Marina Toboali ini, dihadiri Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Ketua pelaksana, Vivin Arista mengatakan, kegiatan Bimtek ini menyampaikan beberapa materi yang berkaitan dengan teknis pengawasan dan mekanisme pungut hitung Pemilu Serentak 2019.

Sementara itu, Sahirin Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis pengawasan pungut hitung kepada seluruh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se Bangka Selatan.

“Dalam bimtek ini, kami melakukan pemetaan terkait potensi pelanggaran yang mungkin terjadi pada 17 April 2019 mendatang,” jelas Sahirin.

Ia juga mengatakan, ada beberapa potensi terjadinya pemungutan suara ulang, misalnya jika lebih dari satu pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb, dan tidak memiliki KTP-el mencoblos pada hari pemungutan suara, petugas KPPS yang dengan sengaja merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan oleh pemilih, sehingga surat suara tersebut menjadi tidak sah.

“Penghitungan ulang surat suara di TPS juga dapat dilakukan jika penghitungan suara dilakukan secara tertutup, penghitungan suara dilakukan di tempat yang kurang terang, penghitungan suara dilakukan dengan suara yang kurang jelas dan penghitungan suara dicatat dengan tulisan yang kurang jelas,” imbuh Sahirin.

Selain itu, ia tetap mengintruksikan kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa untuk selalu berkoordinasi dengan jajaran KPU di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Desa. (raw/3)

Related posts