Bawaslu Basel Bentuk Tujuh Kelompok Kerja

  • Whatsapp

TOBOALI – Bawaslu Bangka Selatan, Bangka Selatan, mulai membentuk tujuh kelompok kerja (Pokja), menjelang tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Lantaran di dalam Tim Pokja harus ada pihak dari luar, saat ini mereka mulai melayangkan surat ke sejumlah instansi.

Read More

Komisioner Bawaslu Basel Divisi HPPS Erik mengatakan, pihaknya memang diberikan waktu beberapa bulan untuk membentuk pokja-pokja. Pokja tersebut nantinya akan mendukung kinerja Bawaslu mengawasi Pilkada di Basel.

“Kita sudah disiapkan waktu beberapa bulan untuk membentuk Pokja-pokja. Pokja nantinya akan mendukung bawaslu selain tugas-tugas melakukan pengawasan yang memang sudah diamanatkan undang-undang,” ujarnya, belum lama ini.

Erik menyebutkan, lantaran di dalam tim harus ada pihak eksternal, pada pokja pengawasan pemutakhiran data pemilih mereka telah melayangkan surat ke Diadukcapil untuk meminta salah satu staf agar masuk ke tim pokja.

“Jadi, di dalam Pokja harus ada orang dari instansi luar yang berkaitan erat dengan Pokja itu. Sehingga hari ini kami layangkan surat ke Disdukcapil untuk meminta salah satu pegawai mereka agar masuk dalam Tim Pokja itu,” katanya.

Pegawai itu pastinya yang berhubungan dengan data kependudukan. Sehingga terkait data kependudukan, elemen data yang tidak sempurna atau data penduduk yang sudah lakukan perekaman tapi tidak muncul maka bisa segera diperbaiki.

“Karena bisanya banyak persoalan dalam data pemilih ini. Jadi, kita mudah untuk mengkoneksikan karena disdukcapil sendiri masuk dalam tim pokja. Tugas mereka nanti sampai dengan ditetapkannya DPT,” sambung dia.

Selain pengawasan pemutakhiran data, 6 Pokja lain yang mulai dibentuk ialah Pokja Sentra Gakkumdu dengan telah menerbitkan surat keputusan (SK). Lalu ada Pokja Pengawasan Pencalonan dan Pokja Kampanye.

“Pokja Pengawasan Pungut dan hitung dan Pokja Penanganan Pelanggaran serta Pokja Perselisihan Hasil Pemilihan yang kemungkinan ada gugatan sampai dengan ke Mahkamah Konstitusi. Jadi, ada tujuh Pokja yang akan dibentuk,” pungkasnya. (raw/3)

Related posts