Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Bawaslu Basel Bentuk Pokja Covid-19

TOBOALI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Selatan (Basel) membentuk kelompok kerja (Pokja) Covid-19. Itu dilakukan sesuai Edaran Bawaslu RI terkait penanganan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 dalam tahapan Pilkada.

Untuk itu, Jumat (2/10/2020), Bawaslu Basel mengundang Bupati yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Basel Doni, Kapolres AKBP Agus Siswanto, Kajari, Kodim 0413 Bangka, Satpol PP kabupaten dan Tim GTPPC-19.

Ketua Bawaslu Basel, Sahirin mengatakan, Pokja Covid-19 ini, berperan untuk melakukan sosialisasi, deklarasi. Dalam pengawasan Pilkada akan melaporkan setiap tahapan kampanye yang digelar masing-masing paslon.

"Karena melanggar prokes bagi paslon ada sanksinya. Mulai dari peringatan lisan, tertulis sampai ke pembubaran, dan akan dikurangi masa kampanye bagi paslon. Tapi, untuk diawal kami akan koordinasi dan rapat teknis kembali," ujarnya.

Menanggapi pembentukan Pokja Covid-19, Kapolres Basel AKBP Agus Siswanto kasih apresiasi kepada Bawaslu. Sebab menurut dia, Bawaslu merespon cepat dengan membentuk tim pokja, adalah langkah yang baik.

"Saya apresiasi ke Bawaslu atas responnya, melihat situasi perkembangan covid di sini walau masih zona hijau. Namun, karena menghadapi pemilu, tentu kita harus mengambil langkah yang konkret bagaimana sikap kedepan," terangnya.

Dikatakan Agus, langkah pertama yang diambil merumuskan kebijakan ke depan bagaimana tim pokja dalam menangani kampanye, perkumpulan massa dan ketika orang datang nantinya ke TPS tidak akan takut untuk menyumbangkan hak pilihnya.

"Makanya, untuk protokol covid nanti akan terus kita bahas, melibatkan juga seluruh kepala desa untuk membuat satgas-satgas penanganan covid di desanya masing-masing. Itu langkah ke depan, bagus sekali kebijakan ini dalam membantu pemerintah," tandasnya.

Terpisah, Bawaslu Basel mengambil sumpah dan melantik Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok Herdi Parendra di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (3/10/2020).

Ketua Bawaslu Basel, Sahirin mengungkapkan, anggota Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok atas nama Idham Kholid telah meninggal dunia Minggu (27/09/2020), sehingga perlu dilakukan Pergantian Antar Waktu Anggota Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok.

“Hari ini, (03/10/2020) Bawaslu Basel melantik PAW Anggota Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok, dikarenakan Anggota Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok yang sebelumnya telah meninggal dunia,” tegas Sahirin.

Sahirin mengatakan, PAW ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Bawaslu Bangka Selatan atas nama Ketua Bawaslu RI. “Sebelum melakukan PAW, kami terlebih dahulu mengundang calon PAW Anggota Panwaslu Kecamatan untuk dilakukan verifikasi dan wawancara. Dari 3 orang calon PAW hanya 1 yang bersedia dan masih memenuhi syarat,” sebut Sahirin.

Sahirin juga menerangkan, dari hasil verifikasi dan wawancara yang dilakukan oleh Bawaslu Basel, ada 1 orang yang bersedia dan masih memenuhi syarat sebagai Calon PAW Anggota Panwaslu Kecamatan atas nama Herdi Parendra.

Proses pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan di Sekretariat Bawaslu Basel, yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Basel, Koordinator Sekretariat Bawaslu Basel, Ketua Panwaslu Kecamatan Lepar Pongok, dan Rohaniawan. (raw/3)

Diatas Footer
Light Dark