Bawaslu Bangka Tengah Segera Rekrut Anggota Panwascam

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto

KOBA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan melaksanakan seleksi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) bertujuan untuk pengawasan dalam rangka menyongsong Pilkada Bateng Tahun 2020.

“Waktu perekrutan dijadwalkan minggu depan. Saat ini sedang menunggu pedoman atau petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu RI,” ujar Ketua Bawaslu Bateng, Robianto saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Rabu (16/10/2019).

Dikatakannya, setiap Panwacam beranggotakan sebanyak tiga orang dan terdapat enam kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah yakni Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpang Katis, Sungai Selan, dan Pangkalan Baru.

“Total anggota Panwacam yang akan direkrut sebanyak 18 orang yang tersebar di enam kecamatan dengan rincian tiga orang setiap kecamatan,” ungkapnya.

Menurutnya, fokus pengawasan anggota Panwascam nantinya adalah memantau dan mengawasi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan proses tahapan calon perseorangan dan calon dari partai politik yang akan maju dalam Pilkada 2020.

“Anggota Panwascam ini nantinya akan fokus mengawasi PPK dan calon perseorangan untuk mengantisipasi terjadinya praktik yang memicu terjadinya pelanggaran pemilu dalam pelaksanaan Pemilukada Bangka Tengah 2020,” tuturnya.

Ia menambahkan Bawaslu menjadwalkan pelantikan anggota Panwascam pada awal Bulan Desember 2019 dan efektif bekerja terhitung setelah dilantik.

“Panwacam merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam melakukan pengawasan untuk menciptakan pemilu yang jujur, adil dan terhindar dari praktik kecurangan,” tukasnya. (ran)

Related posts