by

Bawaslu Bangka Minta RT Jaga Netralitas

-Bangka-66 views
Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama Forum Komunikasi Rukun Tetangga (FKRT) di Tanjung Pesona Hotel, Selasa (9/10/2018). (foto: Cep Susanti)

SUNGAILIAT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka meminta agar ketua Rukun Tetangga (RT) tetap netral dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang.

“RT dilibatkan dalam pengawasan karena RT punya massa luar biasa. Kami berharap RT netral, tidak memihak siapa pun, biarkan warganya bebas memilih siapa pun,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan AntarLembaga KPU Bangka Zulkifli saat sosialisasi pengawasan partisipatif bersama Forum Komunikasi Rukun Tetangga (FKRT) di Tanjung Pesona Hotel, Selasa (9/10/2018).

Menurutnya, pada pilkada beberapa waktu lalu, tidak ditemukan RT yang bermasalah di lapangan, bahkan pengawas pemilu lapangan (PPL) menyanjung netralitas RT dan ia memberikan apresiasi kepada ketua RT atas hal tersebut.

“Suatu kebanggan karena RT se-Kabupaten Bangka tidak ada keluhan dari PPL kami. Mulai pencoklitan DPT, bantuan RT luar biasa, sehingga DPT yang ditetapkan tidak luput dari kerja sama RT,” imbuhnya.

Mewakili Bawaslu Kabupaten Bangka pada pilkada maupun Pemilu 2019 nanti, ia mengucapkan terima kasih kepada RT yang sudah membantu. Untuk itu, ia juga berharap para RT untuk membantu dalam hal pengawasan.

“Jumlah pengawas sangat minim jadi perlu pengawasan partisipatif. Kami sangat berharap bantuan pak RT untuk ikut serta pada pesta demokrasi Pemilu 2019 yang maju dan berintegritas,” harapnya.

Di lain hal, Zulkifli menerangkan pihaknya sedang menyelesaikan masalah pertemuan salah satu calon anggota DPD RI dengan beberapa kepala desa beberapa waktu lalu. Bawaslu,kata dia, ingin masyarakat tidak salah paham bahwa hal itu masuk pelanggaran atau tidak.

“Ini sedang tahap klarifikasi, kemarin ada 10 kades hari, hari ini empat kades. Sebelumnya 28 kades yang hadir pada pertemuan tersebut, ternyata ada 29 kades setelah kita gali,” ujar Zulkifli. (snt/10)

Comment

BERITA TERBARU