by

Bawaslu Babel Soroti Timsel KPU

-Politik-240 views

Ragukan Netralitas Dua Anggota

PANGKALPINANG – Komisioner Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bangka Belitung (Bawaslu Babel) yang membidangi Divisi Pengawasan, Andi Budi Yulianto mengaku pihaknya tengah menyoroti keanggotaan Tim Seleksi (Timsel) KPU Babel. Pasalnya, Penunjukan anggota Timsel KPU Babel melalui surat nomor 61/PP.06-SD/05/SJ/I/2018 yang ditandatangani Ketua KPU Babel Arief Budiman tertanggal 18 Januari 2018 lalu, kurang tepat.
Hal itu karena dari lima orang anggota Timsel yang ditunjuk yakni Iskandar Zulkarnain, Kartika Sari, Dodi Herianto, Reniati dan Soleha, dua diantaranya menjadi perhatian Bawaslu lantaran diragukan netralitasnya. Mereka yakni Reniati istri dari bakal calon Wakil Bupati Bangka Fadillah Sobri dan Dodi Herianto yang menjadi Wakil Koordinator Tim Komunikasi Gubernur Babel.
Kepada Rakyat Pos, Selasa (23/1/2018), Andi Budi Yulianto mengatakan, dua dari lima nama tersebut sudah ditindaklanjuti ke Bawaslu RI.
“Ini sudah menjadi temuan Bawaslu Bangka Belitung dan sudah ditindaklanjuti ke Bawaslu RI. Hari ini juga kita kirimkan surat ke Bawaslu RI terkait anggota timsel yang netralitasnya diragukan,” kata dia.
Senada dengan Andi, Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan mengharapkan, masyarakat untuk melaporkan perihal tersebut jika ada indikasi tidak netralnya Timsel KPU Bangka Belitung. “Silahkan masyarakat melaporkannya ke Bawaslu dan jika terbukti akan kami tindaklanjuti ke Bawaslu RI,” katanya.
Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung Bong Ming Ming mengatakan, DPRD Babel tentunya mempunyai semangat yang sama dengan Bawaslu guna menjaga netralitas, integritas dan profesionalitas Timsel KPU agar nantinya dapat memilih calon-calon komisioner KPU yang berkualitas dan berintegritas.
“Kita punya semangat yang sama, kita ingin menjaga netralitas, integritas dan profesionalisme KPU dan Bawaslu. Kita ingin kedepan itu, terciptanya pilkada maupun pemilu yang betul-betul bersih, tidak ada intervensi,” ujar politisi PKS itu.
“Data awal sudah kita dapat dan akan kita kroscek. Kalau memang seperti itu, sangat kita sayangkan. Harapan kita, hal-hal seperti itu tidak ada dan kita akan kroscek ke lapangan untuk memastikan persoalan itu,” imbuhnya.
Sementara Dodi Herianto ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat, mengakui ia masuk dalam jajaran anggota Timsel KPU Babel. Ia juga tak menampik namanya tercantum sebagai Wakil Koordinator Tim Komunikasi Gubernur Babel. Sedangkan Terpisah, Reniati belum berhasil dikonfirmasi.
“Ok. Kalo saya ikut saja bro. Saya akan ikuti saja apa yang telah terjadi dan akan terjadi. Niat saya hanya bise memberikan apa yang sedikit ilmu yang saya miliki ini untuk daerah saya. Semoga saja, apa yang sedikit saya punya bisa memberikan kebaikan dan Insya Allah menjadi ladang amal bagi saya,” kata Dodi melalui pesan singkat yang dikirim kepada wartawan harian ini kemarin. (ron/1)

Comment

BERITA TERBARU